Jembrana, Bali (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Bali akan dijadikan objek wisata bahari.
 
Hal itu dia sampaikan saat mengunjungi pelabuhan ikan di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Sabtu petang. Pelabuhan tersebut yang akan dikembangkan menjadi pelabuhan skala internasional.
 
"Ada beberapa destinasi wisata bahari dan kuliner yang bisa dikembangkan di PPN Pengambengan bersamaan dengan revitalisasi pelabuhan ini. Seperti sunset view, water park termasuk suguhan budaya lokal," katanya.
 
Dia mengatakan, dengan kondisi daya tampung Bali Selatan terhadap wisatawan sehingga cenderung terjadi over tourism saat ini, sangat penting kunjungan wisata diarahkan wilayah lain seperti Bali Barat.
 
Dengan dibangunnya JalanTol Probowangi kemudian menyusul Jalan Tol Mengwi-Gilimanuk, menurut dia, destinasi wisata di PPN Pengambengan bisa dikoneksikan dengan Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.
 
Untuk pengembangan objek wisata di PPN Pengambengan ini, dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan Dan Perikanan, sehingga pengerjaan proyek pengembangan pelabuhan bisa terkoneksi dengan sektor pariwisata.
 
"Banyak hal di pelabuhan ikan yang bisa menarik wisatawan. Pengalaman saya menata Pelabuhan Sunda Kelapa dari sisi pariwisata, aktivitas bongkar muat ikan bisa menarik fotografer untuk diabadikan," katanya.
 
Selama di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Sandiaga dan rombongan ditemui Kepala Pelabuhan Andi Mannojengi dan Bupati Jembrana I Nengah Tamba.
 
Andi memaparkan pengembangan PPN Pengambengan termasuk dukungan untuk sektor pariwisata, yang diharapkan akan dimulai tahun ini.
 
Sedangkan Tamba mengatakan, pihaknya ingin pengembangan pelabuhan ikan tersebut bermanfaat bagi Kabupaten Jembrana.
 
"Kami sudah meminta pengelolaan untuk parkir, logistik pelabuhan, suplai air serta rekrutmen tenaga kerja lokal agar melibatkan kami," katanya seraya berharap proyek pengembangan pelabuhan itu segera direalisasikan.
 
Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan merupakan pelabuhan ikan terbesar di Kabupaten Jembrana.
 
Saat ini pelabuhan tersebut digunakan untuk sandar, bongkar muat serta penimbangan ikan oleh nelayan yang melaut dengan menggunakan perahu selerek.
 
Transaksi dari hasil tangkap di pelabuhan tersebut juga merupakan salah satu sumber ekonomi yang besar bagi masyarakat.

Baca juga: Kemenparekraf perkuat pengembangan wisata minat khusus kapal pesiar 
Baca juga: Menparekraf: Festival di Klungkung beri pengalaman unik bagi wisatawan
Baca juga: Sandiaga: IP Branding Project Bali tingkatkan ekspor produk UMKM 

 

Pewarta: Gembong Ismadi/Rolandus Nampu
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024