Madiun (ANTARA) - Desa Wisata Kare di Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun berhasil memenangkan ajang Madiun Tourism Award (MATA) 2024 yang digelar Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun dengan meraih juara 1 untuk kategori desa wisata maju.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun Anang Sulistyono memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih Desa Wisata Kare tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi capaian ini. Selain juara 1 MATA 2024 Kabupaten Madiun, Desa Wisata Kare sebelumnya juga masuk 100 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024," ujar Anang di Madiun, Sabtu.

Ia berharap prestasi tersebut ditingkatkan dan dapat menjadi pemacu desa wisata lain untuk ikut berkiprah. Sehingga desa wisata di Kabupaten Madiun maju dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah setempat.

Kaur Perencanaan Desa Wisata Kare, Irfan Oktyansyah mengungkapkan rasa syukur atas prestasi tersebut dan diharapkan dapat menjadi pemicu semangat seluruh warga Desa Kare untuk terus mengembangkan dan memajukan desanya.

"Kami sangat bersyukur atas pencapaian ini. Menjadi Juara 1 di ajang MATA 2024 adalah bukti kerja keras dan dedikasi seluruh masyarakat Desa Kare dalam mengembangkan potensi wisata lokal. Ini adalah semangat baru bagi kami untuk terus berinovasi dan memajukan Desa Wisata Kare," kata Irfan.

Selain meraih penghargaan tersebut, Desa Wisata Kare juga menjalin kerja sama dengan bank daerah dalam program "corporate social responsibility" (CSR). Salah satu inisiatif yang telah diluncurkan adalah website resmi Desa Wisata Kare yang diharapkan dapat menjadi sarana promosi yang efektif untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Adapun Desa Wisata Kare di Kecamatan Kare mengusung konsep wisata alamnya yang berada di lereng Pegunungan Wilis. Terdapat sejumlah tempat wisata di desa tersebut serta andalan komoditas Kopi Kare.

Dengan berbagai upaya pengembangan dan promosi yang dilakukan, Irfan dan seluruh warga Desa Wisata Kare optimistis jumlah kunjungan wisatawan dapat meningkat setiap tahun.

Baca juga: Dua desa wisata di Kabupaten Madiun masuk 100 besar "ADWI 2024"
Baca juga: Kare Kabupaten Madiun masuk nominasi Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024