Situbondo (ANTARA) - Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut bersama Korps Marinir Amerika Serikat  memperdalam materi gerakan maju untuk kontak, serangan dan penyergapan di Pusat Latihan Tempur Marinir 5 Baluran Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

Dalam keterangannya, latihan mengasah strategi gerakan maju untuk kontak, dan serangan serta penyergapan ini merupakan rangkaian Latihan Bersama Platoon Exchange (Platek) 2024.

Komandan Satgas Latihan Bersama Platex 2024 Letkol Marinir Roni Saputra mengatakan kegiatan latihan bersama ini mempelajari beberapa materi tentang gerakan maju untuk kontak, dan serangan serta penyergapan diantaranya cara penyampaian rencana manuver pasukan untuk menuju daerah persiapan.

"Juga serangan, pertahanan dan dinamika di pertahanan, tentunya ini latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit serta mampu mengenal dan memahami serta dapat melaksanakan tugas pokok sesuai dengan jabatan masing-masing," katanya.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir ini juga menyampaikan bahwa kegiatan pembelajaran tersebut merupakan salah satu cara untuk memelihara, meningkatkan dan mengasah kemampuan taktik, teknik dan keterampilan tempur prajurit dalam kerja sama tingkat kelompok, Regu, Peleton dan Kompi dalam operasi tempur aspek darat.

"Laksanakan dengan sungguh-sungguh, pahami dan kuasai materi operasi tempur aspek darat, karena sangat membantu saat melaksanakan tugas di daerah operasi atau daerah pertempuran," kata Letkol Marinir Roni Saputra.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2024