Montreal, (ANTARA/PRNewswire)- Davie adalah produsen kapal multinasional asal Kanada. Hari ini Davie mengumumkan rencananya menjadi salah satu kontributor sektor swasta pertama dalam perjanjian trilateral bersejarah antara pemerintah Kanada, Finlandia, dan Amerika Serikat.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Finlandia Alexander Stubb, dan Presiden A.S. Joe Biden bersama-sama meluncurkan Upaya Kerja Sama Pembuatan Kapal Pemecah Es (Icebreaker Collaboration Effort) atau "Perjanjian ICE " saat KTT NATO di Washington, D.C. Inisiatif ini akan mendorong kerja sama untuk memproduksi kapal pemecah es dengan lebih efisien, lebih cepat, dan lebih hemat biaya bagi pasar domestik maupun pasar ekspor.

Ketika dunia menjadi kian tidak menentu, sekutu NATO memiliki kemauan dan urgensi yang belum pernah ada untuk meningkatkan kerja sama dalam hal penelitian, perdagangan, energi, dan keamanan di wilayah kutub yang diperebutkan. Kapal pemecah es adalah kunci untuk memenuhi prioritas bersama ini. Sementara industri pembuatan kapal musuh beroperasi di saat persiapan perang yang efektif, sekutu Barat jelas tidak memiliki kapal pemecah es dan kapal khusus lainnya yang memadai. Tidak ada negara yang mampu menyelesaikan tantangan ini sendirian. Namun sekutu terpercaya yang memiliki tujuan bersama dan pembuatan kapal canggih mampu melakukannya.

Davie memuji visi para mitra dalam membuat Perjanjian ICE. Sebagai pakar kapal pemecah es dengan pabrik canggih di Kanada dan Finlandia, Davie secara unik memenuhi syarat untuk menjadi kontributor utama. Bisnis Davie di Finlandia, yaitu Helsinki Shipyard, telah membangun lebih dari 50% armada kapal pemecah es di seluruh dunia. Davie juga memiliki daftar pesanan terbesar di dunia untuk kapal pemecah es kutub bagi Pemerintah Kanada di Quebec.

Permintaan akan kapal-kapal khusus yang sulit dibuat ini bisa dikatakan selalu mencapai titik tertinggi, dan lebih dari 80 proyek yang belum rampung di kalangan negara Barat. Berdasarkan Perjanjian ICE , kerja sama diplomatik global akan membantu pembuat kapal pemecah es menangkap peluang ini.

Perjanjian ICE memiliki tiga bidang fokus awal: 1. Peningkatan pertukaran informasi; 2. Pengembangan tenaga kerja; 3. Ajakan aktif kepada mitra dan sekutu untuk membeli kapal pemecah es yang dibuat di Kanada, A.S., dan Finlandia. Dalam beberapa bulan ke depan, nota kesepahaman antara para mitra akan menetapkan kerangka kerja praktis untuk melaksanakan Perjanjian ICE di setiap negara. Termasuk mekanisme penambahan sekutu dan mitra baru.

Perjanjian ICE bertujuan untuk memperkuat efisiensi, ketahanan, dan daya saing pembuatan kapal di negara-negara mitra. Membuat kapal-kapal unggul untuk pasar domestik dan pasar ekspor akan meningkatkan kekuatan laut bersama, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan ribuan lapangan kerja ahli.

Tautan ke pernyataan:



Tentang Davie

Davie didirikan pada tahun 1825 di Québec, Kanada. Davie adalah perancang dan pembuat kapal spesialis untuk misi penting seperti kapal pemecah es, kapal feri, dan kapal perang bagi pelanggan dari kalangan pemerintah dan komersial. Davie menjadi mitra dalam Strategi Pembuatan Kapal Nasional Pemerintah Kanada pada tanggal 4 April 2023. Perjanjian bersejarah ini adalah untuk desain dan konstruksi kapal terbesar dan berteknologi paling canggih yang pernah dibuat di Kanada dan bagi Kanada. Paket pekerjaan awal senilai $8,5 miliar ini mencakup tujuh kapal pemecah es berat dan dua kapal feri bertenaga hibrida. Davie adalah bagian dari Groupe Davie, yang pada bulan November 2023 mengakuisisi Helsinki Shipyard Finlandia, yaitu perusahaan terdepan di dunia di bidang desain dan konstruksi kapal pemecah es. Ketahui lebih jauh di davie.ca dan helsinkishipyard.fi.

Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi: Marcel Poulin Director, External Affairs and Industrial Participation, Davie marcel.poulin@davie.ca +1 581 992-8564


SOURCE Davie Shipbuilding

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024