Jakarta (ANTARA) - "Despicable Me 4" dari Illumination dan Universal Pictures telah membantu waralaba Despicable Me/Minions menjadi waralaba animasi pertama yang berhasil meraup 5 miliar dolar AS di box office global menurut siaran publikasi hiburan Deadline.

Waralaba animasi Despicable Me hingga Jumat (12/7) berhasil mengumpulkan total 5,025 miliar dolar AS, menjadikannya sebagai waralaba animasi pertama yang mencapai tonggak pencapaian itu. 

"Despicable Me 4" akhir pekan ini diperkirakan menjadi film nomor satu secara global, dan memberikan tambahan 136 juta dolar AS dari bioskop seluruh dunia pada Minggu.

Angka itu akan menambah perolehan global "Despicable Me 4" menjadi 441 juta dolar AS, yang meliputi 210,45 juta dolar AS dari bioskop domestik Amerika Utara dan 230,7 juta dolar AS dari 78 pasar box office internasional.

Animasi yang telah ditayangkan di mancanegara sejak empat pekan lalu itu, kini telah ditayangkan pula di Jerman, Prancis, Inggris Raya, dan China.

Baca juga: "Despicable Me 4" tayang mulai 3 Juli 2024

Baca juga: Gru dan Minion kembali beraksi di "Despicable Me 4"

"Despicable Me 4" selanjutnya dijadwalkan ditayangkan di Jepang pada 19 Juli, Korea pada 24 Juli, dan Italia pada 21 Agustus.

Pasar luar negeri terbesar animasi itu hingga Jumat (12/7) adalah Australia (20,8 juta dolar AS), disusul Meksiko (19,5 juta dolar AS), Brazil (10,5 juta dolar AS), Spanyol (9 juta dolar AS), dan Argentina (8,1 juta dolar AS).

"Despicable Me 4", yang ditayangkan sejak 3 Juli 2024, disutradarai oleh Chris Renaud dan Patrick Delage.

Naskah animasi ini ditulis oleh Mike White dan Ken Daurio. Pengisi suara utamanya meliputi Steve Carell, Kristen Wiig, dan Pierre Coffin.

Universal Pictures telah mengumumkan bahwa animasi berikutnya dalam waralaba ini, "Minions 3", dijadwalkan ditayangkan mulai 30 Juni 2027.

Brian Lynch didapuk menjadi penulis naskah dan Pierre Coffin, pembuat film di balik tiga film pertama Despicable Me dan film pertama Minions, sebagai sutradara "Minions 3". Pierre Coffin juga merupakan pengisi suara Minions.

Baca juga: Universal umumkan animasi "Minions 3" bakal tayang pada 2027

Baca juga: "Inside Out 2" raup pendapatan Rp16,3 triliun pada pekan ketiga


 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2024