Badung, Bali (ANTARA) -
Kabupaten Badung, Bali berhasil menjadi juara umum dalam penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI tahun 2024 yang mengambil tema “Jana Kerthi Paramaguna Wikrama”.
 
“Kami merasa bangga dan bahagia yang luar biasa karena pada pelaksanaan Pesta Kesenian Bali tahun ini kami Kabupaten Badung bisa menjadi juara di antara berbagai perlombaan yang diadakan,” ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangannya di Mangupura, Minggu.
 
Ia mengatakan capaian prestasi tersebut menunjukkan bahwa Dinas Kebudayaan Badung beserta dengan jajaran sudah berperan dengan baik ketika merekrut dan membentuk Majelis Pertimbangan dan Pembinaan Kebudayaan.
 
Menurut dia, prestasi itu adalah bagian dari kesuksesan semua pihak yang terlibat di Badung terlebih lagi maestro-maestro seni begitu juga para seniman yang berada di wilayah itu telah mampu berkolaborasi untuk menjadi lebih baik.
 
“Pada prinsipnya kedepannya Kabupaten Badung ini boleh maju dan Bali boleh maju, tetapi dengan kemajuan itu jangan sampai menggerus akar adat dan budaya kami di Badung dan Bali," kata dia.
   
Sementara itu, Pj Gubernur Bali Bali Sang Made Mahendra Jaya dalam sambutannya mengungkapkan rasa gembiranya karena Pesta Kesenian Bali (PKB) sebagai aktualisasi dari upaya penguatan dan pemajuan kebudayaan Bali yang merupakan pesta rakyat Bali mendapat dukungan penuh dari berbagai pemangku kepentingan terkait tanpa terkecuali.
 
"PKB tahun ini membuktikan seniman Bali tidak pernah pudar, ini dibuktikan apresiasi masyarakat semakin meningkat terhadap pelaksanaan PKB sehingga berjalan dengan lancar dan sukses,” ungkap dia.
 
Pesta Kesenian Bali tahun ini, Pemkab Badung mengirimkan duta yang berjumlah 22 sekaa atau kelompok dari seniman, dan sanggar seni di Kabupaten Badung.
 
Para seniman yang mewakili Kabupaten Badung itu sebelumnya telah menjalani seleksi berdasarkan usulan dan potensi yang ada. Seluruh duta yang tampil itu juga dipastikan berasal dari seluruh kecamatan di Badung.

Baca juga: Angela: Gelaran kesenian dalam PKB 2024 jadi ajang promosi wisata Bali
Baca juga: Pesta Kesenian Bali tampilkan karya tari maestro I Wayan Rindi 

Pewarta: Fikri Yusuf/Rolandus Nampu
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024