Banjarmasin (ANTARA) -
Sebanyak 4.792 haji dari Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah pulang ke tanah air hingga kedatangan jamaah haji Kloter 15 dari tanah suci di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.
 
"Jamaah haji Kloter 15 sudah datang pada 13 Juli 2024 sekitar pukul 21.20 di Bandara Syamsudin Noor," ujar Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kalsel H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Minggu.
 
Menurut dia, jamaah haji Kloter 15 berasal dari Kabupaten Tapin dan Kabupaten Tanah Bumbu dengan jumlah 318 orang.
 
"Dengan rincian sebanyak 152 haji dari Tapin dan sebanyak 162 dari Tanah Bumbu, ditambah satu dari Kabupaten Banjar dan sisanya petugas haji," ujarnya.
 
Tambrin menyampaikan, bahwa jamaah haji Kloter 15 Kloter pada saat keberangkatan sebanyak 320 orang, namun ada yang wafat satu orang dan masih dirawat di RS Arab Saudi satu orang," tuturnya.

Baca juga: Pemkot Solok sambut kepulangan jamaah haji kloter 17 dari tanah suci
 
Dengan datangnya jamaah haji Kloter 15 ini, ungkap dia, maka sudah sebanyak 4.792 orang dari sebanyak 5.853 orang dengan petugas dan tim kesehatan haji dari 19 Kloter yang diberangkatkan pada musim haji 2024.
 
"Jadi tinggal empat Kloter yang masih di tanah suci, kepulangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin hingga 22 Juli 2024," ujar Tambrin.
 
Dia pun menyampaikan, kondisi ribuan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah dipulangkan dari Arab Saudi terus dipantau.
 
"Sejauh ini tidak ada laporan yang mengkhawatirkan kesehatan jamaah haji kita yang sudah pulang," tuturnya.
 
Atas nama PPIH Embarkasi Banjarmasin dan Kementerian Agama, Tambrin menyampaikan permohonan maaf jika dalam pelayanan haji tahun ini ada kekurangan.
 
Demikian juga dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kelancaran penyelenggaraan haji tahun ini dari keberangkatan hingga kepulangan ini sudah berjalan sangat baik dan lancar.
 
Seperti disampaikan Tambrin sebelumnya, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 5.759 jamaah haji ditambah 94 petugas haji dan kesehatan pada 19 Kloter.
 
Dengan rincian sebanyak 4.071 orang  pada 14 kloter dari Kalsel dan sebanyak 1.688 orang pada lima Kloter dari Kalteng.
 
Adapun jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat hingga kini sebanyak sepuluh orang.

Baca juga: Kemenag: 13 peserta haji Jambi meninggal di Tanah Suci

Pewarta: Sukarli
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024