Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan hendaknya peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah menjadi momen untuk menghijrahkan diri kepada keadaan yang lebih baik.

"Dalam kita memperingati Tahun Baru Hijriah, menurut saya yang penting itu mengambil maknanya, salah satu yg menurut saya penting karena hijrah itu pindahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah," kata Wapres dipantau secara daring dari kanal YouTube Sekretariat Wapres, Minggu.

Hal itu disampaikan Wapres dalam sambutannya saat menghadiri Gebyar Muharam 1446 H Kecamatan Kresek dan Penandatanganan Prasasti Kresek Kampung Santri di Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Maka hendaknya momen peringatan 1 Hijriah itu kita upayakan untuk menghijrahkan diri kepada keadaan yang lebih baik, meng-upgrade diri," lanjut Wapres.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa hijrah mengandung dua makna, yakni hijrah hissiyah dan hijrah ma'nawiyyah.

Baca juga: Wapres: Publik butuh jaminan keamanan TNI/Polri yang melek teknologi

Wapres mengatakan hijrah hissiyah itu merupakan hijrah secara fisik, yang artinya pindah dari satu tempat ke tempat lain yang lebih baik.

"Ketika tempat itu tidak baik maka kita disuruh pindah, bumi Allah ini luas hijrah lah kalau di satu tempat itu kita tidak bisa melaksanakan tugas-tugas menjalankan agama dengan baik hijrah," ujar Wapres.

Sementara hijrah ma'nawiyyah, kata Wapres, merupakan hijrah perilaku seperti cara berpikir hingga cara bertindak.

"Yang lebih umum lagi yang hijrah ma'nawiyyah dalam arti hijrah perilaku. Menghijrahkan cara berpikir, cara bersikap, dan cara bertindak. Berpikir, bersikap, dan bertindak hijrah ke mana? Hijrah kepada apa yang dituntunkan oleh Allah SWT," ucap Wapres.

Baca juga: Wapres: Hayati makna Tahun Baru Islam dengan tingkatkan iman dan takwa
Baca juga: Presiden: Sambut Tahun Baru Islam dengan tingkatkan takwa dan iman

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024