Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series (MRS) putaran ketiga menjadi ajang persiapan ideal bagi para pembalap yang akan menghadapi Asia Road Racing Championship (AARC) Mandalika 2024.

“Hadirnya Pertamina Mandalika Racing Series antara lain menjembatani pembalap lokal untuk bisa berkompetisi dan menciptakan prestasi di tingkat internasional seperti ARRC yang akan digelar pada 26-28 Juli mendatang di sirkuit kami,” kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria dalam keterangan resmi, Senin.

Adapun Pertamina MRS putaran ketiga telah bergulir pada akhir pekan lalu, 13-14 Juli di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Priandhi melanjutkan, ajang hasil kolaborasi antara PRIDE Motorsport dengan MGPA, IMI, Kemenparekraf, ITDC dan inJourney didukung Pertamina ini diikuti oleh 118 starter.

Beberapa pembalap top Indonesia seperti Veda Ega Pratama, Galang Hendra Pratama, Andi Farid Izdihar atau Andi Gilang, Wahyu Aji Trilsaksana, Rey Ratukore, dan Fahmi Basam turut mengikuti balapan ini.

Baca juga: MGPA tambah putaran balap motor Pertamina MRS jadi lima kali

Kelas Kejurnas yang dipertandingkan adalah Sport 150, Sport 250, Supersport 600 serta supporting class Junior Sport 150 U-15, Underbone 150 Open serta Supersport 600 danSuperbike 1000 Community.

Pada race pertama, di kelas Sport 250, pembalap Astra Motor Racing Team Yogyakarta, Andi Gilang berhasil memenangkan balapan.

Hasil pole position disusul Reykat Yusuf Fadilah dan pembalap tuan rumah Arai Agaska. Sedangkan di kelas Sport 150, pemenangnya diraih Galang Hendra Pratama (Yamaha BAF Yamalube Akai Jaya MBKW2 Racing) dari pole position disusul M Murrobil Vitoni dan Husni Zainul Fuadzy.

Lalu di Kelas Supersport 600cc podium dihuni trio Astra Honda Racing Team, dipimpin M. Adenanta disusul Fadilah Arbi Aditama dan Rheza Danica Ahrens.

Pertarungan tidak kalah seru terjadi di kelas pendukung yakni Underbone 150 yang dimenangkan oleh Reynaldi Pradana (Yamaha Aben Racing Racetech RCB Proliner SSS KYB UMA Racertees) diikuti Dimas Julliatmoko serta Fahmi Basam.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya MRS, karena ini menjadi ajang bergensi di Indonesia dan tempat saya latihan menhgadapi balap Asia,” kata Andi Gilang.

Sementara itu, Pertamina MRS putaran ketiga juga menyoalisasikan mengenai sport & sustainability.

Hal ini terkait program global dari induk olahraga sepeda motor dunia (FIM) terhadap kesadaran dalam olahraga bermotor dan keberlanjutan lingkungan.

“Semoga semuanya bisa memahami arti keberlanjutan untuk peduli pada lingkungan sendiri dan masyarakat lainnya,” ujar Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat Eddy Saputra.

Baca juga: IMI tambah kelas baru balap motor Pertamina MRS untuk U-15

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024