Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik kemarin, Minggu (14/7), telah kami rangkum agar dapat dibaca kembali oleh Anda, mulai dari Presiden Joko Widodo merespons penembakan terhadap mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Partai Amanat Nasional (PAN) merespons isu Pilkada 2024.

1. PAN masih siapkan Zita untuk Jakarta, tetapi tetap lihat perkembangan

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyebut partainya masih melihat perkembangan sebelum menentukan pasangan calon yang didukung dalam Pilkada 2024 di Jakarta.

Walaupun demikian, sejauh ini PAN masih menyiapkan nama Ketua DPP PAN Zita Anjani dalam bursa calon gubernur atau calon wakil gubernur Pilkada di Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.

2. Jokowi terkejut dan sedih atas peristiwa penembakan Trump

Presiden RI Joko Widodo menyatakan terkejut dan sedih atas peristiwa penembakan yang menimpa mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat menyampaikan pidato kampanye di Pennsylvania, Amerika Serikat, Sabtu (13/7) waktu setempat.

"Saya terkejut dan sedih atas kejadian penembakan terhadap mantan Presiden Donald Trump hari ini," ujar Jokowi sebagaimana diunggah melalui akun media sosial X @jokowi yang dipantau di Jakarta, Minggu (14/7).

Selengkapnya baca di sini.

3. Muhaimin sebut ruang pemilih PKB telah bergeser pada Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa ruang pemilih PKB telah bergeser pada Pemilu 2024 jika dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

"PKB 2024 dipilih bukan saja oleh grassroot, melainkan juga kalangan elite. Berbeda dengan Pemilu 2019, grassroot semua yang milih. Ruang pemilih PKB sudah bergeser dalam strata kualitas hidup masyarakat. Itu artinya sebuah kemajuan yang harus disyukuri oleh PKB," kata Gus Imin, sapaan karibnya, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (14/7).

Selengkapnya baca di sini.

4. Ketua Komisi I DPR kecam insiden penembakan yang dialami Trump

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengecam dan mengutuk keras insiden penembakan yang menimpa mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat menyampaikan pidato kampanye di Pennsylvania, Amerika Serikat, Sabtu (13/7) waktu setempat.

"Saya mengecam dan mengutuk keras kejadian penembakan mantan Presiden AS serta calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump," kata Meutya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (14/7).

Selengkapnya baca di sini.

5. Sekjen PAN sebut KIM berupaya satu suara untuk Jakarta dan Jabar

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menyebut partai-partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih berupaya untuk satu suara saat mencalonkan pasangan nama untuk Pilkada 2024 di Provinsi Jawa Barat dan Jakarta.

Oleh karena itu, dia menilai wajar jika saat ini masing-masing partai masih menggodok nama-nama yang potensial dan mengusulkan kader-kadernya untuk maju pada kontestasi Pilkada Jabar dan Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024