Beijing (ANTARA) - Kemampuan inovasi perusahaan-perusahaan China menjadi aspek utama yang menjanjikan dalam investasi di perekonomian China, demikian disampaikan seorang pejabat dari perusahaan Temasek di Beijing baru-baru ini.

Wu Yibing, kepala perusahaan investasi milik pemerintah Singapura itu untuk China, mengatakan bahwa perusahaannya terus berinvestasi di China selama setahun terakhir.

Menurut tinjauan tahunan terbaru Temasek, China menyumbang 19 persen dari portofolio globalnya per akhir Maret tahun ini.

"Sederhananya, arah investasi kami adalah keunggulan komparatif perekonomian China," kata Wu. "Saat ini, keunggulan komparatif telah berkembang untuk direpresentasikan oleh penelitian dan pengembangan yang inovatif."

Dengan efisiensi manufaktur kelas dunia dan keunggulan kekayaan intelektual di berbagai industri baru, perusahaan-perusahaan China semakin beralih ke hulu dalam rantai nilai industri, ujar Wu, seraya menambahkan bahwa keunggulan komparatif ini masih terus berkembang.

Sebagai contoh, Wu mengungkapkan bahwa China berada di garis depan dalam transformasi energi, tidak hanya dalam hal baterai litium, baterai fotovoltaik, dan kendaraan listrik, namun juga dalam jaringan listrik hilir dan industri perlindungan lingkungan. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024