Denpasar (ANTARA) - Komando Armada II Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menumbuhkan jiwa bahari generasi muda melalui Operasi Satuan Tugas (Satgas) Trisila 24 yang singgah di sejumlah titik di Indonesia, salah satunya Denpasar, Bali.

"Hal ini agar generasi muda mencintai kelautan dan jiwa maritim dapat ditingkatkan," kata Wakil Komandan Satgas Trisila 24 Tahap III Kolonel Laut Pelaut Dedi Wardana di Denpasar, Bali, Senin.

Melalui operasi itu, TNI AL mengerahkan Kapal Republik Indonesia (KRI) Ahmad Yani 351 yang sandar di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Dengan mengerahkan KRI itu, pihaknya mengenalkan tugas dan fungsi satgas dalam menegakkan hukum, menjamin keamanan laut, pembinaan profesional unsur TNI AL, dan pembinaan potensi maritim.

Ketika singgah di Denpasar itu, pihaknya mengadakan kegiatan sosial, di antaranya donor darah dan bersih pantai dengan menggandeng pemerintah daerah, pelajar, dan masyarakat.

Baca juga: KRI REM-331 latihan peperangan anti-kapal selam saat layar di Pasifik
Baca juga: TNI AL kerahkan 2 kapal perang untuk Latma Malindo Jaya di Kinabalu


Dalam kesempatan itu, sejumlah pelajar di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung juga mendapat kesempatan untuk menengok kapal perang KRI Ahmad Yani itu selama 3 hari hingga Rabu (17/7).

"Nanti akan dipandu tim KRI untuk mengenalkan terkait dengan kapal, karakter kapal, dan persenjataan sehingga tertanam jiwa maritim sumber daya manusia Indonesia," ucapnya.

Dikatakan pula bahwa misi itu secara bersinergi operasi yang dilaksanakan jajaran Komando Armada II yang membawahi wilayah tengah Indonesia, selatan, dan utara tanah air.

"Dari Bali nanti kami bergerak ke wilayah timur," imbuhnya.

Sementara itu, sejumlah pelajar menyambut antusias kegiatan Operasi Satgas Trisila 24 Tahap III itu karena mereka untuk kali pertama melihat lebih dekat kapal perang Indonesia.

"Ini pengalaman pertama saya melihat kapal yang dimiliki TNI AL sehingga lebih mengenal lebih dalam peran mereka menjaga wilayah laut," kata pelajar Pande Komang Satya.

Pelajar lainnya juga memanfaatkan momentum berharga itu untuk meningkatkan wawasan terkait peran TNI AL setelah musim libur sekolah.

"Biasanya lihat di buku pelajaran, sekarang bisa langsung masuk ke kapal. Saya senang sekali sehingga wawasan bertambah. Harapannya keamanan laut bisa diperkuat lagi," kata pelajar SMK 1 Kuta Selatan I Komang Gede Andika Surya Pratama.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024