Jakarta (ANTARA) - Saat terjebak dalam kemacetan lalu lintas yang melelahkan, stres sulit dihindari apalagi setelah melewati hari yang sibuk..

Kondisi fisik yang lelah serta pikiran yang penat membuat keadaan terasa sulit saat terjebak kemacetan, yang dikenal sebagai traffic stress syndrome.

Berikut ini adalah tujuh hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga ketenangan dan mengatasi stres saat terjebak dalam kemacetan:

1. Tarik napas dalam-dalam

Ketika merasa tegang atau frustasi di tengah kemacetan, cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam. Tarik nafas dalam dan keluarkan dalam-dalam dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

2. Mendengarkan musik yang menenangkan

Putar musik favorit Anda atau musik-musik instrumental. Musik memiliki kekuatan untuk meredakan stres saat macet dan menciptakan suasana yang lebih positif di dalam mobil.

3. Mendengarkan podcast atau audiobook

Selain musik, mendengarkan siaran podcast (siniar) atau audiobook (buku audio) juga bisa membantu melepas stres saat macet. Selain merasa tenang, Anda juga bisa mempelajari hal baru dengan mendengarkan podcast atau audiobook.

4. Buka media sosial 

Jika kondisi memungkinkan, sempatkan waktu selingan untuk sekedar membuka media sosial Anda, misalnya melihat terbaru dari teman informasi terkini.

Membuka media sosial juga dapat membuka ruang interaksi dengan teman ataupun orang-orang yang Anda ikuti dan membantu Anda mencari inspirasi.

5. Tetap terhubung dengan teman atau keluarga

Stres saat macet juga bisa diatasi dengan menghubungi teman atau keluarga, misalnya dengan menelepon atau mengirim pesan singkat. Anda dapat berbagi cerita atau sekadar melakukan interaksi ringan dapat membantu mengalihkan perhatian dari kemacetan dan memperbaiki suasana hati Anda.

Tetap perhatikan keadaan sekitar dan jangan fokus pada gawai meskipun sedang macet demi menjaga keamanan Anda dan orang lain di jalan.

6. Gunakan waktu untuk merencanakan atau refleksi

Gunakan waktu di kendaraan untuk merenung atau merencanakan hal-hal yang ingin Anda capai. Tetap berpikir positif tentang apa yang bisa kamu lakukan setelah tiba di tujuan juga dapat membantu mengatasi stres.

7. Ngobrol dengan penumpang

Terakhir, Jika Anda tidak sendiri di kendaraan, Anda dapat memanfaatkan waktu untuk ngobrol dengan orang yang bersama dengan Anda. Dengan mengobrol, waktu tidak terasa dan perhatian Anda pun teralih dari kemacetan.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda bisa mengubah waktu yang biasanya frustrasi menjadi kesempatan untuk merawat kesehatan mental dan menjaga ketenangan di tengah-tengah kesibukan perkotaan.

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2024