Jakarta (ANTARA) - Piala Eropa (Euro) dengan nama resmi UEFA European Championship merupakan turnamen sepak bola antarnegara Benua Biru yang diselenggarakan oleh Federasi Sepak bola Eropa (UEFA) yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1960.

Piala Eropa 2024 di Jerman yang diikuti 24 negara telah menetapkan Spanyol sebagai juara usai mengalahkan Inggris 2-1 di partai final. Spanyol menjadi negara tersukses di Piala Eropa dengan merangkum empat gelar pada 1964, 2008, 2012, dan 2024.

Kendati banyak negara Eropa pernah mencicipi kompetisi Euro, bahkan berkali-kali menjadi juara, namun ada beberapa negara di Benua Biru yang belum pernah merasakan atmosfer turnamen empat tahunan itu.

Berikut adalah negara Eropa yang belum pernah lolos ke putaran final Piala Eropa:

1. Luxemburg

Luxemburg adalah negara di Eropa yang terletak di antara Belgia, Prancis, dan Jerman. Tim nasional Luxemburg belum pernah lolos ke putaran final Piala Eropa. Meskipun begitu, Luxemburg telah tampil optimal pada kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan menempati posisi tiga di grup J yang dijuarai oleh Portugal dan Slovakia sebagai runner-up grup.

2. Lithuania

Negara yang terletak di wilayah Baltik ini juga belum pernah lolos ke putaran final Piala Eropa. Tim nasional Lithuania sering kali menghadapi tantangan besar dalam kualifikasi karena harus bersaing dengan tim-tim kuat dari Eropa Barat dan Timur.

Pada kualifikasi Piala Eropa 2024, Lithuania menempati posisi empat pada grup yang dimenangi oleh Hongaria dan Serbia sebagai runner-up grup.

3. Malta

Malta memiliki tim nasional yang belum pernah tampil di putaran final Piala Eropa. Kendala geografis dan populasi yang kecil menjadi salah satu alasan utama mereka sulit untuk bersaing di level Eropa .

Pada kualifikasi Piala Eropa 2024, Malta yang tergabung bersama Inggris, Italia, Ukraina dan Macedonia Utara, menempati posisi juru kunci tanpa meraih poin. ​​​​​​​

4. Belarusia
​​​​​​​

Terletak di Eropa Timur, negara ini juga belum pernah merasakan atmosfer Piala Eropa. Meskipun tim nasional mereka sering kali menunjukkan permainan yang solid, mereka masih belum berhasil mencapai prestasi tersebut.

Pada kualifikasi Piala Eropa 2024​​​​​​​, Belarusia menempati posisi empat pada grup yang dihuni Romania, Swiss, Israel, Kosovo dan Andora. ​​​​​​​

5. Armenia
​​​​​​​

Armenia merupakan negara dari kawasan Kaukasus Selatan yang belum pernah lolos ke putaran final Piala Eropa. Tim nasional Armenia sering kali menghadapi tantangan dari tim-tim kuat di grup kualifikasi mereka, yang membuat jalan mereka menuju putaran final menjadi sangat sulit.

Pada kualifikasi Piala Eropa 2024​​​​​​​, Armenia menempati posisi empat pada grup yang dipimpin oleh Turki dan Kroasia yang lolos langsung ke Piala Eropa.

6. Andorra

Andorra adalah negara kecil di Pegunungan Pyrenees antara Prancis dan Spanyol. Tim nasional Andorra belum pernah lolos ke putaran final Piala Eropa, dan mereka sering kali berada di posisi bawah dalam grup kualifikasi.

7. San Marino
​​​​​​​

San Marino adalah negara terkecil di Eropa yang terletak di semenanjung Italia. Tim nasional San Marino belum pernah merasakan putaran final Piala Eropa, bahkan mereka jarang sekali merasakan kemenangan dalam setiap pertandingan.

Baca juga: Sejarah Piala Eropa beserta daftar lengkap juara & tuan rumah

Baca juga: Alasan di balik tidak adanya juara 3 dalam Piala Eropa

Baca juga: Lamine Yamal raih penghargaan Pemain Muda Terbaik Euro 2024

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2024