Surabaya (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Muaythai Indonesia yang juga Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, optimistis Jawa Timur juara umum muaythai Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh-Sumatera Utara.

"Kalau kita melihat bagaimana atlet-atlet kita berlatih, termasuk kesiapan segala hal yang berkaitan dengan keperluan mereka menghadapi PON Aceh-Sumut, saya optimistis predikat juara umum dapat dipertahankan seperti saat BK PON kemarin" kata LaNyalla dalam keterangannya di Surabaya, Senin.

Dia melihat seluruh atlet muaythai Jawa Timur berlatih dengan serius dan dalam kondisi prima, bahkan memiliki pengalaman cukup dalam menghadapi calon lawan sehingga nyaris tak menghadapi kendala.

"Semua keperluan dan kebutuhan mereka dalam berlatih terpenuhi dengan baik. Dukungan dari semua pihak juga cukup baik. Hal ini tentu menambah semangat para atlet dalam memberikan prestasi terbaik untuk Jawa Timur," kata LaNyalla.

Baca juga: Kemenhub berikan bantuan 239 bus untuk PON 2024 di Sumut

Sekretaris Umum Muaythai Indonesia Provinsi Jawa Timur yang juga menjabat manajer Tim Puslatda 100 Muaythai Jawa Timur, Wahyu Tri Hartanto, menjelaskan saat ini semua atlet tengah menjalani latihan rutin di Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) dan juga telah menjalani tryout selama satu bulan di Thailand.

"Tim Muaythai Jawa Timur akan berlaga di 20 nomor dari 22 nomor yang dipertandingkan. Sejauh ini, persiapan kami cukup baik dan berjalan sesuai rencana," kata Wahyu.

Wahyu optimistis target tujuh medali emas terpenuhi sehingga Jawa Timur menjadi juara umum cabang olah raga ini pada PON 2024.

"Kami amat optimistis akan hal tersebut," kata Wahyu.

Baca juga: KONI prioritaskan akuntabilitas kelola anggaran PON Aceh-Sumut

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024