Minsk (ANTARA) - Belarus masih melihat Amerika Serikat (AS) sebagai mitra global penting dan ingin memiliki hubungan bilateral yang konstruktif dengan negara tersebut, kata kuasa usaha Belarus di AS Pavel Shidlovsky pada Senin.

"Hubungan kami saat ini berada dalam keadaan tertunda, beku. Bukan kesalahan kami karena pemerintahan (Biden) menghindari kontak dan dialog substansial dengan kami. Dialog ini sangat terbatas," kata Shidlovsky.

Diplomat tersebut mengatakan bahwa dia melihat beberapa prospek untuk kerja sama dan bahwa Minsk siap "untuk interaksi yang normal dan konstruktif berdasarkan kerja sama yang saling menguntungkan dan sikap konstruktif" terhadap Belarus.

"Kami perlu membangun dialog yang substansial. Sayangnya, Washington enggan terlibat dalam kontak semacam itu, membuat kami memenuhi tuntutan yang diketahui tidak mungkin. Itulah sebabnya hubungan berada dalam keadaan seperti ini," kata Shidlovsky kepada wartawan.

Dia juga mengatakan bahwa Belarus memiliki kemauan politik untuk memfasilitasi hubungan tersebut karena selalu melihat AS sebagai "mitra penting dan prospektif."

Diplomat Belarus terutama berinteraksi dengan komunitas ahli AS, badan amal, dan mitra yang berpikiran sama yang memiliki pandangan yang tidak bias tentang Belarus dan yang mendukung sikap Minsk terhadap konflik Ukraina, kata diplomat tersebut.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Belarus soroti aktivitas 10 batalion NATO dekat perbatasan
Baca juga: Pasukan China, Belarus akan mulai latihan tembak langsung
Baca juga: Polandia pantau kerja sama militer China dan Belarus


Pewarta: Primayanti
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2024