Medan (ANTARA) -
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah di Provinsi Sumatera Utara atas kepedulian terhadap jamaah haji.
 
"Kami sangat mengapresiasi dukungan pemda masing-masing daerah, terutama fasilitas transportasi dan mengawal jamaah haji," kata Sekretaris PPIH Debarkasi Medan Zulfan Efendi saat menyambut jamaah Kloter 19, di Asrama Haji Medan, Senin.
 
Dengan dukungan dan kepedulian pemerintah daerah tersebut, kata dia, proses penerimaan dan pemberangkatan jamaah haji ke tanah suci berjalan lancar.
 
Apresiasi diberikan mulai masuknya jamaah calon haji Sumatera Utara dari Kloter 1 Embarkasi Medan ke Asrama Haji Medan pada 12 Mei 2024 sampai 9 Juni 2024.

Baca juga: PPIH apresiasi transportasi daerah beri layanan terbaik jamaah haji

Baca juga: 4.991 haji asal Sumatera Utara sudah kembali ke tanah air
 
Kemudian pemulangan jamaah haji Sumatera Utara merupakan Kloter 1 Debarkasi Medan dari Asrama Haji Medan pada 24 Juni 2024 hingga nantinya 21 Juli mendatang.
 
Data PPIH Debarkasi Medan menyatakan 358 jamaah haji Kloter 19 menggunakan pesawat Garuda Indonesia tiba di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Senin ini pukul 11.05 WIB.
 
Kloter 18 Debarkasi Medan ini terdiri atas tiga kabupaten/kota di Sumatera Utara, yakni Medan 193 orang, Simalungun 157 orang, Serdang Bedagai satu orang dan tujuh orang petugas haji.
 
Tercatat seorang haji atas nama Muhammad Sulaiman Masro bin Masro (65), wafat di tanah suci setelah dirawat secara intensif di Klinik Kesehatan Haji Indonesia Makkah pada Sabtu, 29 Juni 2024.
 
"Selamat datang, dan selamat kembali ke tanah air. Sebentar lagi para jamaah haji ini akan pulang ke kampung halamannya. Semoga memperoleh haji mabrur dan mabrurah," katanya.
 
Zulfan yang juga menjabat Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumatera Utara menyampaikan permohonan maaf, jika pelayanan kurang berkenan, baik pemberangkatan maupun pemulangan.
 
Data PPIH Debarkasi Medan menyatakan, 6.780 jamaah haji Sumatera Utara atau 77,96 persen telah kembali ke Asrama Haji Medan dan langsung dipulangkan ke kampung halaman.
 
"Kami juga mengucapkan selamat jalan, selamat kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga," tutur Zulfan.*
   

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024