London (ANTARA News) - Tidak sedang mengobral orasi kampanye di gebyar podium gedung jangkung bertebar tepuk tangan riuh penggembira, pelatih asal Prancis Arsene Wenger mencetuskan rumus sukses "berpolitik" di gelanggang Liga Champions.

Wenger menyebut bahwa kepercayaan diri sepenuh-penuhnya untuk meraih hasil terbaik bakal diusung skuad The Gunners ketika melawan  Bayern Muenchen dalam leg pertama  babak 16 besar Liga Champions 2013/14 yang digelar di Stadion Emirates, pada Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Laga itu akan ditayangkan oleh SCTV.

Manajer berjuluk Profesor itu, jelas-jelas bukan pemimpin karbitan, apalagi pemimpin berbobot abal-abal. Wenger tampil ke panggung ke liga domestik dan Liga Champions sebagai pemimpin yang berlaku sebagai penerjemah dari situasi yang sedang membelit tim asuhannya.

Manajer Arsenal berusia 64 tahun itu memberi gambaran agar anak buahnya mampu berdiri tegak penuh percaya diri, apalagi lawan yang kini dihadapi raksasa Liga Jerman (Bundesliga), Bayern Muenchen asuhan pelatih kondang, Pep Guardiola.

Tugas Wenger tidak kepalang enteng, apalagi Arsenal pernah digebuk Liverpool 1-5 (8/2), dan sejak itu mereka bertekad bangkit. Aksi balas dendam datang juga. Mesut Oezil dan kawan-kawan memukul balik Liverpool di Piala FA (16/2) dengan skor 2-1.

Kalau Bayern Muenchen diibaratkan sebagai raksasa pelahap mangsa atau gargantua, maka Arsenal diibaratkan sebagai kurcaci siap mental dengan membuat hitung-hitungan agar lawan kebingungan.

"Saya yakin bahwa kami senantiasa siap menyajikan penampilan berkualitas, meski modalnya tidak sebatas keyakinan. Keyakinan kerapkali menentukan hasil akhir. Di lini depan, kami semakin kuat," kata Wenger.

Tomas Rosicky menggantikan posisi yang ditinggalkan gelandang Mikel Arteta, sementara di bawah mistar gawang tetap pilihan jatuh kepada Wojciech Szczesny.

Jack Wilshere mengalami cedera punggung, Santi Cazorla (sakit), Kieran Gibbs (cedera otot), Bacary Sagna (mengelami kelelahan) dan Olivier Giroud (mengalami kelelahan). Mereka ini diharapkan dapat memperkuat "starting XI" karena sebelumnya mereka berada di bangku cadangan ketika melawan The Reds.

Bayern dengan polesan pelatih anyar berkepala plontos Pep Guardiola siap memberi pelajaran kepada pasukan Arsenal, menurut Philip Lahm.

Kapten Bayern itu tidak sedang mengigau di siang bolong. Ia mengatakan kepada situs klub fcbayern.de, "Kami tidak akan bertanding tanpa memasukkan gol. Tentu kami ingin menang di London, karena ini merupakan laga Liga Champions".

Lahm mewakili kata hati skuad Bavaria. "Pertandingan tidak akan mudah. Mereka percaya diri setelah mengalahkan Liverpool pada pekan lalu.

Sepaham dengan Lahm, pemain timnas Belanda Arjen Robben sedang dilanda memori kemenangan manakala mereka mampu mengangkat trofi di London pada Mei tahun lalu. "Tentu menyenangkan bertanding lagi ke sini (London). Penampilan mereka tentu mengalami kemajuan dibandingkan tahun lalu."

Bayern terbang ke London tanpa menyertakan Franck Ribery, karena pemain ini sedang dalam masa penyembuhan akibat cedera bokong.

Arsenal jelas bukan skuad anak bawang. Mereka hanya mengalami tiga kekalahan dari 18 pertandingan kandang di ajang Liga Champions (10 kali menang, lima kali imbang), meskipun The Gunners mengalami tiga kekalahan di kandang ketika melawan tim asal Jerman.

Sementara itu, Bayern mampu meraih lima kali kemenangan di ajang Liga Champions dalam babak knockout dengan mengoleksi 13 gol. Mereka juga meraup tujuh kemenangan ketika berlaga di Allianz Arena, meski kali ini mereka tampil tanpa Franck Ribery dan pemain sayap Xherdan Shaqiri.

Barisan pertahanan Arsenal perlu mewaspadai aksi mantan pemain Chelsea yang kini berkostum Bayern, Arjen Robben. Pemain ini mampu mencetak enam gol dan meleas empat assist (umpan jitu yang berbuah gol) dalam tujuh laga terakhir Liga Champions.

Bayern mencatatkan empat kali kemenangan, tujuh kali imbang, dan enam kali kalah ketika bertanding di Inggris. Dan Guardiola memoles Bayern kian bersinar, dengan belum pernah menelan kekalahan di ajang Bundesliga musim ini.

Catatan Guardiola ketika menghadapi Arsenal, yakni dua kali menang, sekali imbang dan sekali kalah. Catatan ini bakal dijadikan matematika bagi Wenger untuk menemukan formula tepat dalam laga di Stadion Emirates nanti.

Data dan fakta kedua tim:
* Bayern disebut-sebut bakal mampu mempertahankan trofi Liga Champions. Skuad asuhan Pep Guardiola meraup  18 kemenangan dari 19 pertandingan terhitung sejak Oktober lalu.
* Grafik penampilan Arsenal di ajang Liga Inggris boleh dibilang tidak konstan. Mereka mengecap kekalahan dari Bayern 12 bulan lalu.
* Arsenal dilatih Arsene Wenger, pelatih Prancis, berusia 64 tahun; sementara Bayern Muenchen ditukangi Pep Guardiola, pelatih Spanyol, berusia 43 tahun.
* Pemain pencetak gol terbanyak di masing-masing tim: di kubu Arsenal, Olivier Giroud dengan mengoleksi 14 gol, sementara di kubu Bayern Muenchen, Mario Mandzukic dan Thomas Mueller, keduanya telah mencetak 17 gol.
* Arsenal kini bertengger di peringkat kedua klasemen Liga Inggris, satu poin di belakang Chelsea yang kini berada di puncak klasemen. Bayern Muenchen, jawara Bundesliga, belum pernah kalah, dan unggul 16 poin atas Bayer Leverkusen yang berada di peringkat kedua klasemen.
* Arsenal, berada di peringkat kedua di Grup F di bawah Borussia Dortmund. Bayern Muenchen menjadi juara Grup D mengungguli Manchester City.
* Prestasi di Piala Eropa atau Liga Champions: Arsenal menjadi runner-up 2005/2006. Bayern Muenchen menjadi juara tahun  1974, 1975, 1976, 2001, 2013.
* Raihan prestasi lainnya: Arsenal: 13 kali juara Inggris, 10 kali juara Piala FA, dua kali juara Piala Liga, sekali juara Piala Winners, sekali juara Piala Inter Cities Fairs. Bayern Muenchen: 23 kali juara Jerman, 16 kali Piala Jerman, sekali juara Piala Winners, sekali juara Piala UEFA Cup, sekali juara Piala Dunia antarklub, dua kali juara Piala Intercontinental.

Komentar dua pelatih:

Arsène Wenger (Arsenal):
"Kami lebih siap secara mental menghadapi pertandingan besok, jika dibandingkan dengan kondisi setahun lalu. Kami punya tim dengan semangat bertanding luar biasa. Kami tampil sebagai skuad yang kompak."

"Sepak bola bukan seperti pertandingan catur. Sepak bola ditentukan oleh kesiapan penampilan para pemain. Ketika pertandingan dimulai, semuanya terpulang kepada keputusan yang tepat yang bakal dipraktekkan di lapangan."

"Sebagai manajer, kami bertugas menyiapkan tim agar mereka tampil baik, kami bertanggungjawab manakala strategi memang tidak berjalan semestinya, dan jangan lupa bahwa aktor utamanya berada di luar lapangan, bukan mereka yang berada di lapangan."

"Penampilan mereka (Bayern Muenchen) sebagai unit terus meningkat (sejak menjadi juara Liga Champions musim lalu), karena mereka didukung sejumlah pemain berkualitas. Schweinsteiger kembali dan ia menggantikan Thiago."

Josep "Pep" Guardiola (Bayern Muenchen):  
"Ini kali ketiga kami melawan Arsenal di sini (di London). Saya tidak pernah menang di sini dan saya belajar bahwa anda  tidak dapat mendominasi permainan selama 90 menit ketika melawan Arsenal. Anda dapat bermain baik dan mendominasi setengah lapangan permainan, atau selama 70 menit, tetapi mustahil mendominasi selama 90 menit."

"Dengan kualitas pemain yang kini dimiliki Arsenal sekarang ini, kami tahu bahwa kami bakal menghadapi masalah, meski kami coba tampil bermain sebaik mungkin. Kami tidak terlalu banyak  berpikir soal laga di leg kedua nanti. Kami harus berkonsentrasi kepada laga besok, dan saya berharap pertandingan berjalan lancar."

"Saya tahu betapa sulitnya melangkah lebih lanjut. Saya tahu benar bahwa lawan saat ini Arsenal. Dan saya menaruh hormat kepada Arsene Wenger. Organisasi permainan mereka (Arsenal) terbilang rapih, dan mereka rapih dalam penguasaan bola, dan pergerakan tanpa bola."

Prakiraan susunan pemain:
Arsenal (4-2-3-1):
Szczesny (penjaga gawang), Gibbs, Koscielny, Mertesacker, Sagna, Flamini, Wilshere, Cazorla, Oezil, Rosicky, Giroud.
Pemain cadangan:
Fabianski, Jenkinson, Monreal, Oxlade-Chamberlain, Gnaby, Podolski, Bendtner.

Bayern Muenchen (4-1-4-1):
Neuer (penjaga gawang), Rafinha, Boateng, Dante, Alaba, Lahm, Mueller, Kroos, Schweinsteiger, Robben, Mandzukic.
Pemain cadangan:
Starke, Van Buyten, Contento, Javi Martinez, Thiago, Goetze, Pizarro

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Arsenal 2-1 FC Bayern Muenchen (16,38 persen)
* Arsenal 2-0 FC Bayern Muenchen (13,29 persen)
* Arsenal 1-3 FC Bayern Muenchen (10,49 persen)

Head to Head
UEFA Champions League ‎(UCL)
13 Mar 2013     FC Bayern München 0 - Arsenal 2    
 
UEFA Champions League ‎(UCL)
19 Feb 2013     Arsenal 1 - FC Bayern München 3    
 
Lima laga terakhir:
 
Arsenal
16 Feb 2014    Arsenal 2 - Liverpool 1    FA
12 Feb 2014    Arsenal 0 - Man Utd. 0    EPL
 8 Feb 2014    Liverpool 5 - Arsenal 1    EPL
 2 Feb 2014    Arsenal 2 - Crystal Palace 0    EPL
28 Jan 2014    Southampton 2 - Arsenal 2    EPL

FC Bayern Muenchen
15 Feb 2014    FC Bayern Muenchen 4 - SC Freiburg 0    GER1
12 Feb 2014    Hamburg 0 - FC Bayern Muenchen 5    GERC
 8 Feb 2014    Nürnberg 0 - FC Bayern München 2    GER1
 2 Feb 2014    FC Bayern München 5 - Eintracht Frankfurt 0    GER1
29 Jan 2014    VfB Stuttgart 1 - FC Bayern München 2    GER1

Narasi atas prediksi:
* Arsenal tampil sebagai skuad "underdog" manakala menghadapi Bayern Muenchen yang keluar sebagai juara Liga Champions musim lalu dan juara Bundesliga musim lalu.
* Bayern Muenchen tidak terkalahkan di kompetisi domestik, dengan kemasukan relatif sedikit gol.
* Mampukah The Gunners menjebol pertahanan Bayern Muenchen yang nota bene hanya kemasukan sembilan gol dalam 21 pertandingan? Di musim lalu, di babak 16 besar Liga Champions, Bayern Muenchen mengalahkan Arsenal 3-1 di Inggris.
* Produktivitas serangan Arsenal hanya berbuah tiga gol dalam tiga pertandingan, dengan catatan kalah 1-5 dari Liverpool dan beroleh hasil imbang melawan Manchester United.
* Alex Oxlade-Chamberlain tampil menawan setelah mengalami cedera. Ia bersama Mesut Oezil, bakal memberi perlawanan sengit di lini tengah. Sementara Bayern Muenchen kali ini tidak diperkuat oleh gelandang serang Franck Ribery, sedangkan Tony Kroos menempati posisi sebagai gelandang yang mampu bertahan dan menyerang sama baiknya. Kroos disebut-sebut sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia.
* Bayern Muenchen dimodali gelandang kreatif yang siap tampil menawan, dalam diri Xherdan Shaqiri, Dante, dan Claudio Pizarro.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Arsenal: 1
Bayern Muenchen: 3

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2014