Jakarta (ANTARA) - Partai Amanat Nasional (PAN) resmi memberikan dukungan kepada mantan Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024.

Dukungan tersebut pun diberikan satu paket kepada Bupati Bima Indah Putri Damayanti alias Dinda untuk maju berpasangan dengan Iqbal sebagai calon wakil gubernur. Rekomendasi tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas di Jakarta, Senin malam.

"Kami melalui kajian yang mendalam telah memutuskan Iqbal dan Ibu Dinda sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB," ucap Zulhas.

Zulhas memberikan rekomendasi itu dampingi oleh Ketua DPW PAN NTB Muazzim Akbar, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, hingga Ketua Tim Desk Pilkada DPP PAN Yandri Susanto.

Baca juga: Demokrat dukung kader PKS dan Golkar maju Pilkada NTB

Baca juga: Sukiman tepis berpisah dari Gita Ariadi untuk maju Pilkada NTB 2024

Baca juga: Pemprov NTB siapkan tiga nama pengganti Pj Wali Kota Bima maju Pilkada


Dia mengatakan bahwa PAN memutuskan pasangan tersebut untuk NTB karena sudah mengenal keduanya sejak lama. Menurutnya pihaknya pun sudah menelusuri latar belakang dua sosok tersebut.

Sejauh ini, dia menilai Iqbal yang merupakan seorang diplomat merupakan figur yang memiliki segudang prestasi. Ia menyebut bahwa pria kelahiran Lombok Tengah itu merupakan salah satu duta besar yang paling sukses saat memimpin.

"Kami meyakini dengan duet Iqbal-Dinda bisa memajukan NTB jauh lebih hebat, lebih maju lagi," ujar Menteri Perdagangan tersebut.

Berdasarkan hasil Pileg 2024, PAN memiliki 4 kursi di DPRD NTB. Dengan demikian, pasangan Iqbal-Dinda ini masih membutuhkan 10 kursi partai lagi untuk bisa mendaftarkan diri menuju Pilkada NTB.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024