Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto berjanji ke Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG) James Marape dia akan melawat ke PNG setelah dirinya dilantik sebagai Presiden RI Periode 2024–2029 pada 20 Oktober 2024.

Prabowo, selepas menerima kunjungan PM Marape di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Senin, menjelaskan niatan-nya itu untuk membuktikan komitmennya yang ingin memelihara hubungan baik Indonesia dan Papua Nugini.

"Saya juga berjanji, salah satu tindakan saya nanti antara lain pada awal pemerintahan saya, saya akan berkunjung ke Papua Nugini. Beliau sangat ingin memelihara hubungan yang dekat sama Indonesia, dan saya juga demikian," kata Menhan Prabowo di hadapan wartawan selepas pertemuannya dengan PM Marape.

Prabowo menegaskan dia bertekad menjaga dan memelihara hubungan baik dua negara dan memperluas kerja sama yang telah terjalin di berbagai bidang.

"Banyak bidang yang kita bisa lanjutkan untuk bekerja sama dengan kita," ujar Menhan RI.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo juga menyambut baik kunjungan PM Marape, yang langsung datang ke Kantor Kemhan RI setelah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor, Senin pagi.

"Beliau kepala pemerintahan yang datang ke Kementerian Pertahanan. Beliau datang, karena saya memang selain menteri pertahanan, saya presiden terpilih. Jadi, beliau ingin kenalan, sekaligus memberi penghormatan. Saya kira ini penghormatan yang baik," tutur Prabowo.

Baca juga: PM Marape yakin bilateral RI-Papua Nugini berlanjut ke era Prabowo

Baca juga: Pertemuan Jokowi-PM Papua Nugini hasilkan empat perjanjian kerja sama


Baca juga: Menhan dan PM Papua Nugini bahas kelanjutan kerja sama dua negara

PM Marape beserta rombongan pejabat tinggi Papua Nugini tiba di Kantor Kemhan RI pada Senin sore. Kedatangan PM Papua Nugini itu disambut langsung oleh Prabowo di pelataran gedung utama Kantor Kemhan RI.

Keduanya pun berjabat tangan, dan masing-masing saling memperkenalkan jajaran pejabat tinggi yang mendampingi dua pimpinan itu. Dalam kesempatan itu, PM Marape juga menyalami satu per satu jajaran pejabat Kemhan yang mendampingi Prabowo, di antaranya Wakil Menhan RI M. Herindra dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan RI Marsekal Madya TNI Yusuf Jauhari.

Kemudian, Prabowo mengantarkan PM Marape ke ruangan utama di Kantor Kemhan RI. Dalam perjalanan ke ruangan, keduanya disambut upacara jajar pasukan serta iringan lagu kebangsaan Indonesia serta Papua Nugini yang dinyanyikan oleh grup musik dari kadet-kadet Universitas Pertahanan RI.

Menhan Prabowo dan PM Marape kemudian berdiskusi dalam pertemuan yang tertutup selama kurang lebih satu jam. Keduanya juga sempat bertukar cenderamata.

Dalam pertemuannya dengan PM Marape, Prabowo menjelaskan dia menyampaikan niatnya melanjutkan kerja sama yang telah terjalin antara Indonesia-Papua Nugini, terutama yang terbentuk selama pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Prabowo juga kembali menawarkan kerja sama pendidikan terutama untuk perwira dan taruna dari Papua Nugini.

"Saya sudah menawarkan sejak tahun lalu untuk lembaga-lembaga pendidikan di TNI terbuka untuk pemuda/pemudi dari PNG (Papua Nugini), perwira-perwira muda mereka, taruna-taruna mereka kami undang," ujar Menhan Prabowo.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024