Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin menilai hak siar pertandingan kompetisi di Indonesia termasuk pertandingan timnas sangat membantu keuangan PSSI sehingga membuat surplus.

"Tahun lalu saja keuangan PSSI surplus Rp10 miliar. Ini adalah hal yang luar biasa. Hak siar menjadi salah satu penyumbangnya," kata Djohar di sela acara Sportacular Special RCTI di Kebun Jeruk Jakarta, Rabu.

Menurut dia, surplusnya keuangan PSSI merupakan sebuah prestasi karena selama ini keuangan induk organisasi sepak bola Indonesia selalu tidak sesuai dengan harapan. Kondisi ini menunjukkan industri sepak bola Indonesia mulai ada upaya peningkatan.

Sepak bola Indonesia saat ini mulai menunjukkan perkembangan yang cukup signifikasi mulai dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) hingga pertandingan timnas mulai level senior, U-23 maupun U-19.

Banyak televisi nasional berlomba-lomba menyiarkan pertandingan olahraga yang paling digandrungi di Indonesia ini. Padahal selama ini hanya dimonopoli oleh satu televisi swasta nasional saja. Saat ini sedikitnya ada dua televisi yang menyiarkan seperti SCTV dan RCTI (MNC Grup).

Khusus untuk RCTI bahkan cukup agresif dalam menyiarkan pertandingan sepak bola Indonesia selama 2014 ini. Selain ISL, RCTI juga mendapatkan hak siar untuk pertandingan Piala AFC U-19 dan Piala AFF 2014.

"Hadirnya ISL 2014, AFC U-19 dan AFF 2014 di RCTI merupakan komitmen kami untuk terus menghadirkan kompetisi yang berkualitas baik lokal maupun internasional sekaligus mendukung persepakbolaan nasional," kata Managing Director RCTI Kanti Mirdiati.

Untuk pertandingan ISL 2014, RCTI telah membeli hak siar dari BV Sport. Pertandingannya sendiri sudah dimulai 1 Februari lalu. Untuk AFC U-19 di Myanmar 9-23 Oktober dan AFF 2014 di Singapura dan Vietnam 22 November hingga 20 Desember, RCTI membeli hak siar dari World Sport Grup.

"Kami berharap pecinta sepak bola Indonesia semakin dimanjakan dengan laga-laga terbaik. Kami juga berharap prestasi program AFC dan AFF tahun ini melengkapi keberagaman program berkualitas yang kami sajikan," kata Programming and Production Director RCTI Endah Hari Utari.

Pada 2013, RCTI juga cukup berperan dalam menanyangkan beberapa pertandingan yang cukup banyak menyedot perhatian masyarakat mulai dari MNC Cup, Arsenal FC Asia Tour Indonesia, FIFA International Match Day antara Timnas Indonesia melawan Belanda dan pertandingan timnas lainnya.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2014