Madrid (ANTARA News) - Real Madrid berkunjung ke Jerman untuk menantang duel dengan Schalke 04 dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions musim 2013/2014.

Real Madrid jelas-jelas berada di atas angin menghadapi Schalke 04 di Veltins Arena pada Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu ditayangkan oleh SCTV.

"Los Galacticos" bukan sedang dininabobokan oleh angin surga, atau dijamu dengan pepesan kosong belaka, tetapi dibuktikan dengan kemenangan demi kemenangan. Beberapa pekan lalu, dua musuh bebuyutan mereka, yakni Atletico Madrid dan Barcelona, bertekuk lutut di hadapan skuad Real Madrid.

Mereka juga mampu lolos ke final Copa del Rey, dan harian Marca menyebut kebangkitan pasukan Carlo Ancelotti itu sebagai "raksasa yang telah bangun dari tidur". Sosok raksasa yang dimaksud yakni Cristiano Ronaldo.

Peraih penghargaan The Ballon d'Or itu diusir ke luar lapangan ketika Real Madrid melawan Athletico Bilbao. Ia mencetak sembilan gol dalam lima pertandingan. Jumlah itu masih di bawah Zlatan Ibrahimovic yang mengemas 10 gol. Ronaldo mencetak 60 gol dari 100 laga di Liga Champions.

Di bawah arahan Ancelotti yang kadangkala menerapkan formasi 4-3-3, Ronaldo dipasangkan dengan Karim Benzema dan Gareth Bale di barisan depan.

Di bawah mistar gawang, Iker Casillas bakal mencetak rekor historis bermain di Madrid, sementara Diego Lopez dianggap masih belum setara menggantikan posisi Casillas.

Di lini pertahanan, Ancelotti mengandalkan tiga bek tengah, yakni Raphael Varane, Sergio Ramos dan Pepe, meskipun Varane beberapa pekan belakangan ini masuk menjadi "starting XI". Pemain asal Italia ini telah nyekrup benar dengan penampilan Ramos dan Pepe.

Di sektor bek kanan, Dani Carvajal masih diandalkan, dengan Alvaro Arbeloa juga dapat diturunkan. Ia besar kemungkinan bakal turun dalam pertandingan melawan Schalke 04.

Sami Khedira masih absen, sementara Luka Modric yang terkena larangan bertanding ketika melawan Elche, akan kembali menempati posisi gelandang.

Modric menjadi salah satu gelandang Madrid yang tampil konsisten selama musim ini. Perannya demikian krusial dalam panorama taktik Ancelotti.

Sementara, Gareth Bale tampil makin percaya diri, utamanya ketika melakoni sejumlah laga Liga Champions musim ini.

Pemain asal Wales itu, yang hijrah ke Bernabeu dengan nilai kontrak 100 juta euro itu, makin mampu menunjukkan kualitasnya sebagai pemain handal. Kiprah sungguh diperlukan untuk mewujudkan ambisi Madrid meraih La Decima.

"Kami tahu bahwa Liga Champions merupakan kompetisi yang besar yang diikuti oleh tim-tim terbaik. Dengan begitu persaingan demikian sengit," katanya sebagaimana dikutip dari situs resmi FIFA.

"Saya pikir kami telah siap, kami yakin dapat meraih kemenangan dalam setiap pertandingan, dan kami menyambangi mereka dengan harapan menuai kemenangan," katanya juga.

Schalke juga punya pemain andalan yang siap bersinar di planet bola sejagat. Max Meyer dan Julian Draxler makin menunjukkan taji sebagai pemain yang haus gol.

Data dan fakta kedua tim:
* Badai cedera pemain melanda kubu Schalke. Mereka bakal tidak diperkuat oleh Marco Höger, Christian Clemens, Atsudo Uchida dan Jan Kirchhoff. Julian Draxler dan Benedikt Höwedes masih diliputi tanda tanya, meski perannya begitu sentral bagi penampilan tim.

* Luka Modric dan Cristiano Ronaldo yang terkena suspensi dalam laga domestik pekan lalu, besar kemungkinan bakal turun bertanding melawan Schlake.

* Baik Modric maupun Ronaldo kerapkali masuk "starting XI" kalau memang kedua pemain itu tidak sedang diguncang cedera. Sami Khedira masih absen karena mengalami cedera lutut.

* Schalke bakal mendayagunakan dua gelandang serang, yakni Roman Neustädter dan Kevin-Prince Boateng dalam formasi 4-3-3.

* Peran Max Meyer tidak boleh dipandang sebelah mata. Ia dikenal sebagai salah satu pemain berbakat dalam atmosfer sepak bola Jerman. Perannya demikian dominan ketika ia bergabung bersama timnas U-17 Jerman. Schalke menaruh harapan besar kepada pemain ini.

Komentar dua pelatih:

Jens Keller (Schalke):
"Sesudah Bayern, kini Real Madrid menjadi tim terbaik kedua di dunia yang kami hadapi. Mereka dihuni oleh sejumlah pemain hebat di seluruh lini, karena itu pertandingan bakal berlangsung ketat dan seru."

"Kami bertanding di kandang, karena itu kami harus tampil lebih bersemangat lagi, kami pantang mundur. Untuk meraih sukses, setiap pemain harus siap seratus persen memberi apa yang terbaik. Hanya ada sedikit keajaiban yang tersisa dari pertandingan nanti."

"Real Madrid tim yang luar biasa, meski kami tidak takut juga. Kami berusaha sedapat mungkin tampil tanpa cacat. Real tampil sangat agresif, meski staf pelatih kami telah melakukan pemantauan, dengan begitu kami akan coba meladeni mereka."

Carlo Ancelotti (Real Madrid):
"Saya memprediksi bahwa pertandingan nanti bakal berjalan seru, dan saya pikir bahwa Schalke akan tampil sekuat tenaga dan sekuat kemampuan mereka untuk meraih kemenangan. Kami tahu mereka punya sederet pemain berkualitas."

"Lini pertahanan mereka terorganisir sangat rapih. Mereka menggabungkan antara kemampuan mumpuni dari pemain muda dan pemain berpengalaman yang sarat pengalaman seperti Klaas-Jan Huntelaar. Mereka tidak memainkan gaya sepak bola yang spektakuler, meski mereka tampil terpadu."

"Saya tidak terlalu banyak memberi instruksi kepada pemain, toh mereka ingin menang di setiap pertandingan. Untuk itu, kami harus bersiap menghadapi setiap pertandingan secara terukur."

"Ronaldo amat termotivasi karena itu ia siap bertanding (setelah tiga kali absen karena terkena hukuman). Ia sangat siap dan penuh kepercayaan diri. Saya berharap ia mampu tampil baik, dari segi mental maupun fisik."

Prakiraan susunan pemain:
 
Schalke 04 (4-2-3-1):
Ralf Fährmann (penjaga gawang); Sead Kolasinac, Benedikt Höwedes, Joël Matip, Tim Hoogland; Roman Neustädter, Kevin-Prince Boateng; Julian Draxler, Max Meyer, Jefferson Farfan; Klaas-Jan Huntelaar

Real Madrid (4-3-3):
Iker Casillas (penjaga gawang); Marcelo, Sergio Ramos, Pepe, Alvaro Arbeloa; Angel Di Maria, Xabi Alonso, Luka Modric; Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Gareth Bale
 
Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Schalke 04 0-4 Real Madrid (21,45 persen)
* Schalke 04 0-3 Real Madrid (17,68 persen)
* Schalke 04 1-3 Real Madrid (15,04 persen)

Lima laga terakhir:

Schalke 04
21 Feb 2014   Schalke 04 0 - Mainz 0    BUN
15 Feb 2014   Leverkusen 1 - Schalke 04 2  BUN
  9 Feb 2014   Schalke 04 2 - Hannover 96 0  BUN
  1 Feb 2014   Schalke 04 2 - Wolfsburg 1   BUN
26 Jan  2014   Hamburger 0 - Schalke 04 3  BUN

Real Madrid
22 Feb 2014   Real Madrid 3 - Elche 0    LIGA
16 Feb 2014   Getafe 0 - Real Madrid 3    LIGA
11 Feb 2014   Atletico Madrid 0 - Real Madrid 2    ESPC
  8 Feb 2014   Real Madrid 4 - Villarreal 2    LIGA
  5 Feb 2014   Real Madrid 3 - Atletico Madrid 0    ESPC

Narasi atas prediksi:
* Schalke mampu tampil baik di setiap pertandingan, hanya saja tim yang dihadapi kali ini justru salah satu tim terbaik dunia, Real Madrid. Yang diharapkan, tentu saja Schalke tidak kebobolan banyak gol, karena kedua tim masih harus bertanding di leg kedua.

* Schalke bakal berusaha keras memberi perlawanan kepada tim tamu. Sementara Los Blancos menggunakan momen kemenangan 3-0 atas Elche sebagai modal semangat menghadapi Schalke.

* Meskipun Schalke bakal menuai keuntungan dengan tampil di kandang, Real Madrid terus memotivasi dengan meningkatkan kepercayaan diri agar dapat melaju di babak selanjutnya di ajang Liga Champions. Kiprah Ronaldo sangat vital bagi penampilan tim.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Schalke 04: 0
Real Madrid: 3

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2014