Sungailiat, Bangka Belitung (ANTARA News) - Asisten Intelijen Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Tisna Komara, mengatakan seluruh prajurit TNI wajib netral saat Pemilu legislatif 2014 digelar.

"Saya menekankan seluruh prajurit TNI d Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, harus netral dalam Pemilu 2014," katanya, di Sungailiat, Bangka Belitung, Jumat.

Walau semua personel TNI diperintahkan tetap netral, namun institusi militer Indonesia itu wajib mendukung pihak penyelenggara pemilu dan pengawas Pemilu 2014, sehingga pelaksanaan pemilu berjalan lancar, tertib, dan terkendali.

Salah satu caranya, kata dia, "Dengan meningkatkan deteksi dini dan cegah dini diharapkan nanti masyarakat di daerah ini merasa aman dalam melaksanakan Pemilu 2014."

Dia juga menegaskan, selain personel TNI maka personel PNS juga harus netral dan tidak melinatkan diri dalam aktivitas politik partai politik manapun.

Netralitas personel TNI sekaligus kesiapan TNI mendukung pelaksanaan putaran Pemilu 2014 telah pula ditegaskan Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, dalam Rapat Pimpinan TNI, di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, beberapa bulan lalu.

Pewarta: Kasmono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2014