Athena (ANTARA News) - Federasi Sepak Bola Yunani mengumumkan Kamis (27/2), pelatih tim nasional Fernando Santos akan meninggalkan posnya setelah turnamen Piala Dunia tahun ini.

"Prioritas utama sekarang adalah mencari kepemimpinan yang baik untuk meneruskan kiprah tim ini mulai September dalam usaha lolos kualifikasi Euro 2016," demikian pernyataan yang dikeluarkan ketua federasi Giorgos Sarris, yang juga menekankan dukungannya pada pelatih dari Portugal yang sedang memimpin timnya.

Santos yang berusia 59 tahun disebut-sebut ingin melatih salah satu klub, di antaranya bekas klub yang dilatihnya di Yunani, PAOK.

Menurut catatan AFP, ia melatih Yunani sejak 2010, menggantikan pelatih veteran dari Jerman Otto Rehhagel, yang membawa tim itu meraih gelar juara Euro 2004.

Mantan bos Porto dan AEK Athens itu hanya kalah empat kali dalam 41 pertandingan yang dipimpinnya, kemudian membawa Yunani ke perempat final Euro 2012, sehingga Yunani naik ke peringkat 12 dalam susunan peringkat yang dikeluarkan FIFA.

Ia membawa Yunani ke perempat final Euro 2012 sebelum memimpin tim itu ke babak final Piala Dunia Brazil, setelah menang dalam laga play-off lawan Romania pada November lalu.

(A008) 

Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2014