Serang (ANTARA News) - KPU Provinsi Banten akan segera menetapkan jadwal kampanye rapat umum atau kampanye terbuka untuk 12 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014.

Ketua Divisi Kampanye KPU Banten Syaeful Bahri di Serang, Jumat mengatakan saat ini pihaknya sudah merancang konsep kampanye terbuka dengan menyesuaikan jadwal kampanye di tingkat KPU kabupaten/kota se-Banten.

Rencananya, sebelum 2 Maret mendatang, pembagian zona kampanye tersebut akan disampaikan ke masing-masing parpol di Banten.

"Nanti jadwal kampanye rapat umum di semua tingkatan, baik di provinsi maupun kabupaten/kota harus dibuatkan produk hukumnya, paling lambat 2 Maret jadwal diserahkan kepada peserta pemilu," kata Syaeful Bahri usai rapat konsolidasi jadwal kampanye dengan KPU kabupaten/kota se-Banten, di kantor KPU Banten.

Menurut Syaeful, digelarnya rapat konsolidasi tersebut untuk mengatur jadwal kampanye rapat umum masing-masing partai politik peserta pemilu yang akan digelar 16 Maret hingga 5 April 2014. Nantinya, pengaturan jadwal di tingkat KPU kabupaten/kota akan disesuaikan dengan jadwal KPU Provinsi Banten.

Secara teknis, kata dia, untuk penjadwalan kampanye rapat umum di tingkat KPU kabupaten/kota diserahkan sepenuhnya kepada KPU kabupaten/kota, namun tidak bertentangan dengan jadwal kampanye di tingkat provinsi.

"Jadwal kampanye terbuka di tingkat KPU kabupaten/kota menggunakan pola kampanye berbasis daerah pemilihan (dapil). Karena setiap daerah memiliki dapil yang jumlahnya berbeda di setiap daerah," katanya.

Ia mengatakan, dalam penyusunan jadwal kampanye terbuka, pihaknya meminta kepada KPU kabupaten/kota agar mengedepankan asas keadilan dan proporsional. Sehingga KPU Provinsi Banten harus banyak melakukan supervisi dalam merumuskan jadwal kampanye di kabupaten/kota, agar nantinya menyeimbangkan dengan jadwal yang kampanye di KPU provinsi.

Sebelumnya KPU Banten juga sudah mengundang partai politik peserta Pemilu 2014 dalam rangka koordinasi rencana penyusunan jadwal kampanye di tingakt provinsi. KPU Banten memastikan bahwa masing-masing partai politik di Provinsi Banten akan mendapatkan kesempatan tujuh kali putaran kampanye tingkat Provinsi Banten selama masa kampanye terbuka mulai 16 Maret 2013.

(M045/M026)

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2014