Pekanbaru (ANTARA News) - Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan 11.128 hektare lahan hutan dan perkebunan serta semak belukar di Provinsi Riau terbakar sejak empat pekan terakhir.

"Jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, jauh meningkat. Kemarin itu luas lahan yang terbakar sesuai dengan data yang masuk baru sekitar 10.502 hektare," kata Agus Wibowo, Humas BNPB di Posko Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kabut Asap Provinsi Riau di Lapangan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Luas lahan terbakar terbanyak menurut data tersebut ada di Kabupaten Bengkalis 4.685 hektare, Meranti 3.724 hektare, seluas 1.052 hektare di Kabupaten Siak, sementara di Kota Dumai 794 lahan hangus.

Di Kabupaten Indragiri Hilir 329 hektare, Pelalawan 165 hektare, Kampar 159 hektare, Indragiri Hulu 137 hektare, terakhir Rokan Hilir 128 hektare hangus.

Kebakaran lahan di Riau tahun ini terjadi sejak awal Februari dan terus meluas hingga kini dengan menyebabkan ruang udara di berbagai wilayah kabupaten/kota menjadi tercemar kabut asap.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014