Madrid (ANTARA News) - Laga belum digelar, salah satu pelatih timnas sudah dirundung prihatin. Adalah Cesare Prandelli yang melatih Italia justru menyebut bahwa duel melawan Spanyol "bukan saat yang tepat", meskipun hanya pertandingan persahabatan.

Juara dunia Spanyol akan menjamu Italia di Stadion Vicente Calderon dalam laga persahabatan, dan kedua tim sama-sama membawa sederet pemain anyar.

Kedua timnas yang siap berlaga di Piala Dunia 2014 di Brasil itu bersiap saling menjajal kekuatan dalam pertandingan yang diadakan pada Kamis dini hari, pukul 04.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh RCTI.

Kedua tim sama-sama berpredikat sebagai kekuatan dari Mediterania. Baik pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, maupun Prandelli kini tengah bersibuk menyiapkan timnya masing-masing menghadapi Piala Dunia 2014 di Brasil.

Italia menyandang beban psikologis. Berkaca dari final Piala Eropa 2012, "Gli Azzurri" ditaklukkan Iniesta dan kawan-kawan dengan skor yang relatif mencolok, 0-4. Di Piala Konfederasi 2013, Italia menelan pil pahit kekalahan.

Capaian itu jelas-jelas membuat Prandelli ketar-ketir, bahkan mengapungkan nada pesimisme. Untuk itu, Pirlo dan kawan-kawan diharapkan mampu menggali untuk menemukan noktah kekuatan lawan.

Spanyol dan Italia tengah membarui diri dengan menurunkan beberapa pemain anyar. Di kubu Spanyol, ada debutan Diego Costa, striker asal Brasil yang telah mencetak 21 gol di ajang La Liga musim ini.

Di kubu Italia, ada Gabriel Paletta, bek naturalisasi asal Argentina yang bermain bagi Parma. Ia telah turun dalam delapan laga. Masih ada tiga striker asal Argentina yang membela Juventus yang makin moncer di Serie A. Fernando Llorente dan Carlos Tevez yang justru tidak dipanggil masuk ke dalam timnas.

Selain itu, masih ada mantan pemain Southampton, Daniel Osvaldo yang siap membela Italia. Pemain ini dinaturalisasi dari Argentina.

Danielle de Rossi sedang dibekap cedera, dan Prandelli kerapkali menyebut pemain ini sebagai sosok yang "unik", karena ia dapat berperan sebagai gelandang. Balotelli masih mengalami cedera bahu, dan Osvaldo dapat diturunkan di barisan depan, dan Andrea Pirlo bakal menempati lini tengah.

Spanyol tengah bertabur bunga-bunga dewi Fortuna, salah satunya kedatangan striker kelas dunia yang kini membela Atletico Madrid, Diego Costa. Pada Maret tahun lalu, ia membela Brasil dalam pertandingan persahabatan, kini ia bergabung bersama timnas Spanyol.

Ketika Costa berbicara dalam surat kabar Spanyol, AS, ia mengatakan, "Saya sangat senang mendapat panggilan dari (pelatih Vicente) del Bosque. Pertandingan melawan Italia di (stadion) Calderon merupakan hal yang istimewa."

Costa disebut-sebut sebagai salah satu striker terbaik di dunia dengan torehan rekor terbilang istimewa. Ia mengemas 26 gol dalam 30 laga La Liga dan penampilan di Liga Champions musim ini, menurut catatan situs Whoscored.

Jika saja Spanyol mampu mendayagunakan pemain ini lebih intensif, maka bukan tidak mungkin Costa bakal menjadi salah satu "mesin gol" bagi timnya di Piala Dunia 2014 di Brasil. Hanya saja proses perpindahan kewarganegaraan pemain ini sempat memantik kontroversi.  

Data dan fakta kedua tim:
* Diego Costa, pemain debutan bagi Spanyol, dilengkapi kebugaran dan kesiapan mental yang memadai. Perannya di Atletico Madrid demikian besar.

* Del Bosque masih perlu menyelesaikan pekerjaan rumah soal harmonisasi antara Costa dan Sergio Ramos dan Xabi Alonso. Kedua pemain ini telah demikian lekat selama berlaga di La Liga. "Ia (Costa) tidak akan menemui hambatan bermain bersama timnas," kata Del Bosque.

* Kedatangan Costa menambah energi baru bagi Spanyol. Kubu Italia perlu ekstra memutar otak dalam meracik strategi.

* Del Bosque kehilangan sejumlah pemain reguler, yakni Fernando Torres, David Villa, gelandang Juan Mata, dan striker Fernando Llorente dengan Thiago Alcantara menjadi salah satu alternatif.

* Kalau Spanyol memang mengandalkan tiki-taka ketika berjaya di Piala Dunia di Afrika Selatan, dan pola "false nine" di Polandia dan Ukrania, maka Del Bosque bukan tidak mungkin bakal mengusung pola bersama formasi  anyar yang mendekati fantastis ketika berlaga di Piala Dunia 2014 di Brasil.

* Pertandingan melawan Italia ini juga merupakan ujian bagi Del Bosque untuk melihat dengan lebih terang benderang kekuatan dan kekokohan lini pertahanan timnya jelang perhelatan di Brasil nanti.

* Gerard Pique akan absen ketika melawan Italia karena masih dibekap cedera, dan Ramos akan mengisi kekosongan itu utamanya di lini bek tengah. Javi Martinez dapat juga menjadi pilihan Del Bosque untuk memperkuat dan melapis pertahanan.

* Jordi Alba tetap menempati posisi bek kiri. Jordi Alba absen, pada posisi yang sama masih ada pilihan yakni Cesar Azpilicueta yang kini bermain di Chelsea, sementara bek Atletico Juanfran Torres siap berkompetisi menempati lini pertahanan.

* Prandelli masih dihadapkan pada soal etika perilaku pemain, kalau memang ia tidak mengandalkan gelandang kunci Daniele De Rossi. De Rossi tergusur dari skuad Azzurri ketika ia memukul salah seorang pemain lawan ketika membela AS Roma. Ia dihukum tidak boleh bermain dalam tiga laga Serie A.

* Prandelli juga memanggil bek Giorgio Chiellini meski ada lontaran kritik pedas dari pelatih Juventus Antonio Conte, karena pemain yang menempati posisi sebagai bek itu masih menjalani masa pemulihan dari cedera. "Segala energi harus dikerahkah kepada persiapan jelang Piala Dunia. Tidak ada tempatnya lagi untuk menebar kontroversi," kata Prandelli.

Komentar dua pelatih:

Vicente Del Bosque (Spanyol):
"Kasus (Diego Costa) khusus, ia memang dipanggil dan ia memang lahir di Brasil. Ia pemain yang berprestasi di klubnya, karena itu ia dapat memberi kontribusi bagi kami. Itu alasan kami memanggil dia, tidak ada alasan lain."
 
Cesare Prandelli (Italia):
"Kami akan menghadapi tim yang kuat. Kalau boleh memilih, saya berpendapat, lebih baik tidak melakoni pertandingan ini, tetapi organisasi mengharuskan. Saya yakin kami akan bertemu mereka kembali."

"Jika kami menang melawan mereka pada pertandingan nanti, setiap orang berpikir bahwa kami telah siap melaju sampai semi-final Piala Dunia. Jika kami kalah, hal itu benar-benar bencana."

Prakiraan susunan pemain:

Spanyol (4-3-3):
Casillas (penjaga gawang), Alba, Ramos, Albiol, Juanfran, Busquets, Alonso, Xavi, Iniesta, Costa, Pedro
Pemain cadangan:
Valdes, Reina, Azpilicueta, Javi Martinez, Fabregas, Thiago, Koke, Navas, Silva, Cazorla

Italia (4-3-3):
Buffon (penjaga gawang), Abate, Astori, Bonucci, Criscito, Montolivo, Pirlo, Motta, Candreva, Osvaldo, Cerci
Pemain cadangan:
Perin, Sirigu, Barzagli, De Sciglio, Giaccherini, Marchisio, Parolo, Verratti, Gilardino, Immobile, Insigne, Destro

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Spanyol 2-1 Italia (17,77 persen)
* Spanyol 1-2 Italia (10,23 persen)
* Spanyol 1-1 Italia (  9,58 persen)

Head to Head
Piala Konfederasi (FCC)
27 Jun 2013  Spanyol 0 - Italia 0     

Euro 2012 (EC)
  1  Jul  2012    Spanyol 4 - Italia 0     
10  Jun 2012    Spanyol 1 - Italia 1     
 
Laga Persahabatan (FR)
10   Aug 2011   Italia 2 - Spanyol 1     

UEFA European Championship (EC)
22  Juni  2008   Spanyol 4 - Italia 2     

Lima laga terakhir:

Spanyol
19 Nov  2013   Afsel 1 - Spanyol 0    FR
16 Nov  2013   Equatorial Guinea 1 - Spanyol 2    FR
15 Oct  2013   Spanyol 2 - Georgia 0    WCQ
11 Oct  2013   Spanyol 2 - Belarusia 1    WCQ
10 Sep 2013   Spanyol 2 - Chile 2    FR

Italia
18 Nov  2013   Italia 2 - Nigeria 2    FR
15 Nov  2013   Italia 1 - Jerman 1    FR
15 Oct  2013   Italia 2 - Armenia 2    WCQ
11 Oct  2013   Denmark 2 - Italia 2    WCQ
10 Sep 2013   Italia 2 - Czech Rep. 1    WCQ

Prediksi editor Antaranews.com:
Spanyol: 2
Italia: 1

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2014