Jakarta (ANTARA News) -Malaysia Airlines ataupun otoritas penerbangan di Kuala Lumpur dan Beijing belum mengumumkan manifes nama-nama yang ada dalam pesawat terbang Malaysia Airlines nomor penerbangan MH370 dengan tipe Boeing B-777-200 yang dinyatakan hilang kontak, Sabtu.

Pesawat tersebut membawa ratusan pengguna jasa penerbangan itu dari 14 kebangsaan. 

Situs Malaysia Airlines, dikutip dari Jakarta, Sabtu siang, menyatakan, MH370 rute penerbangan Kuala Lumpur-Beijing, yang lepas landas pukul 02.40 waktu setempat itu sebagian besar membawa pemakai jasa penerbangan berkewarganegaraan China (153 orang). 

Diikuti 38 berkewarganegaraan Malaysia, 12 Indonesia, tujuh Australia, tiga Prancis, empat Amerika Serikat (termasuk seorang bayi), dua Selandia Baru, dua Kanada, dua Ukraina,  seorang Italia, seorang Taiwan, seorang Belanda, seorang Rusia, dan seorang Austria. 

Menurut jarak tempuh dan perkiraan kesepatan terbang jelajahnya, Boeing B-777-200 bernomor penerbangan MH370 itu seharusnya telah mendarat setelah sekitar lima jam penerbangan dari Kuala Lumpur. 

MH370 diketahui menempuh rute penerbangan di atas empat negara sebelum bisa menjejakkan roda-roda pendaratnya di Beijing, yaitu Malaysia, Kamboja, Thailand, dan Viet Nahm. 

Dari China dikabarkan, Angkatan Laut Tentara Pembebasan China mengerahkan dua kapal perangnya untuk mencari pesawat terbang yang dinyatakan hilang kontak itu.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2014