Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengingatkan 60 persen unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM)  belum memiliki akses bantuan pendanaan dari pemerintah, padahal kontribusi UKM sangat penting dan potensial untuk menopang pertumbuhan nasional.

"Ketika usaha besar ambruk, UKM malah mampu eksis dan berperan sebagai jangkar ekonomi kita," kata Gita melalui keterangan pers, Minggu.

Gita mengemukakan, data terakhir UKM adalah terdapat 57 juta unit, namun baru 22 juta unit yang memiliki akses bantuan pendanaan dari pemerintah.

Padahal, ujar dia, ketika krisis finansial global dan efek pasar bebas kerap menganggu stabilitas ekonomi, peran UKM sangat krusial untuk memberi pengaruh positif bagi perekonomian nasional.

Oleh karena itu, kata dia, UKM perlu difasilitasi agar mendapat akses bantuan pendanaan supaya produk UKM dapat lebih maju dan kompetitif.

"Sehingga UKM tak cuma tangguh menghadapi geliat ekonomi domestik, tapi juga tegar di tengah gelombang krisis ekonomi global sekali pun," ujar peserta konvensi bakal Calon Presiden dari Partai Demokrat ini.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014