Hanoi (ANTARA News) - Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh melakukan pembicaraan telepon mendesak dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato Sri Anifah Hj Aman dan menegaskan bahwa Vietnam melakukan semua yang bisa untuk mencari pesawat hilang.

Deputi PM Minh mengatakan pemerintah Vietnam dan masyarakat berbagi perhatian dengan pemerintah dan rakyat Malaysia serta negara terkait lain serta keluarga penumpang, yang hilang dalam penerbangan itu.

Dia mengatakan, Perdana Menteri Nguyen Tan Dung sendiri memberikan perhatian khusus dan telah menginstruksikan instansi terkait untuk bekerja erat dengan Malaysia dalam memperbarui informasi tentang pesawat itu. Saat ini semua kekuatan dan sarana dikerahkan untuk pencarian dan penyelamatan bekerja.

Menteri Aman menyatakan terima kasih yang tulus dari pemerintah dan rakyat Malaysia kepada pemerintah dan rakyat Vietnam untuk bantuan yang tepat waktu.

Sementara itu Vietnam terus mencari pesawat yang hilang itu.

Kantor Berita resmi Vietnam, VNA, menyatakan bahwa Vietnam telah menyebarkan sebanyak dua pesawat dan tujuh kapal untuk mencari jet penumpang Malaysia yang hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada awal 8 Maret.

Komite Nasional untuk Pencarian dan Penyelamatan mengatakan lima pesawat lain dan empat kapal berada pada siaga untuk kegiatan pencarian.

Sementara itu, Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak mengatakan di Kuala Lumpur total 15 pesawat dan enam kapal telah dikerahkan untuk mencari pesawat jet penumpang itu, yang membawa 329 orang di dalam pesawat.

"Kami belum menemukan puing-puing apapun," kata PM Najib pada jumpa pers pada 8 Maret malam.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014