Jakarta (ANTARA News) - Dituntut mengatasi defisit 0-1 akibat hasil leg pertama dua pekan lalu, AC Milan malah tertinggal 1-2 pada babak pertama pertandingan kedua babak 16 Besar Liga Champions melawan Atletico Madrid di Vicente Calderon Rabu dini hari ini.

Atletico unggul 1-0 hanya tiga menit sejak kick off setelah Diego Costa mencetak gol ke-28-nya dalam musim ini lewat tendangan volley akrobatik yang mengecoh kiper Christian Abbiati usai menerima umpan silang matang dari Koke yang dikreasi dari manuver Gabi.

Gol ini tentu saja memacu Milan yang relatif dominan lewat formasi 3-5-1 dengan Mario Balotelli sebagai ujung tombak, untuk menciptakan gol penting pada pertandingan tandang ini.

Tercatat dua kali Balotelli melakukan upaya gol, salah satunya setelah melewati hadangan Miranda dan Diego Godin, namun penyelesaian akhir dia tepat diselamatkan kiper Atletico Thibaut Courtois.

Tiga menit kemudian pada menit 27 Milan akhirnya menciptakan gol penyama kedudukan setelah Kaka yang berlari tak terkawal menyeruak untuk menyambut umpan Andrea Poli lewat tandukannya. Sundulan kerasnya ini sempat menyentuh badan Juanfran sehingga mengecoh Thibaut Courtois.  Kedudukan pun berubah 1-1.

Setelah itu Kaka dan juga Balotelli menciptakan sejumlah peluang untuk terus menambah gol bagi Milan, namun justru Atletico yang kembali unggulsetelah Arda Turan menciptakan gol pada menit 40.

Tendangan volley Turan sempat menyentuh badan Adil Ramli sebelum melewati Abbiati di sudut gawang Milan.  Kedudukan berubah 2-1 (agregat 3-1) dan posisi ini tak berubah sampai babak pertama usai.

Perjalanan semakin berat bagi Milan yang selalu gagal membalikkan keadaan untuk mengubah defisit laga leg pertama dalam lima kesempatan berturut-turut pada semua turnamen level Eropa sebelumnya.

Milan hanya sekali berhasil membalikkan situasi defisit ini kala melawan FC Saarbrucken pada putaran pertama Piala Eropa 1955/56.

Susunan pemain:
Atletico Madrid: Thibaut Courtois, Diego Godín, Filipe Luis, Francisco Juanfran, Miranda, Mario Suárez, Koke, Arda Turan, Gabi, Raúl García, Diego Costa

AC Milan: Christian Abbiati, Adil Rami, Ignazio Abate, Daniele Bonera, Urby Emanuelson, Michael Essien, Andrea Poli, Kaká, Adel Taarabt, Nigel De Jong, Mario Balotelli

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014