Malaysia tak temukan objek yang dideteksi satelit China

Kamis, 13 Maret 2014 18:21 WIB

Malaysia tak temukan objek yang dideteksi satelit China

Pelaksana tugas Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein menyampaikan keterangan tentang pencarian pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (12/3). (REUTERS/Edgar Su )

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pemerintah Malaysia menyatakan pesawat pencarinya tidak menemukan tiga objek yang tertangkap satelit China dan diduga merupakan pecahan pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH 370 yang hilang kontak sejak Sabtu (8/3).

"Malaysia sudah mengirimkan asetnya untuk mengecek penemuan tersebut, namun ternyata tidak ditemukan apapun," kata Pelaksana Tugas Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein dalam jumpa pers di Hotel Sama-Sama, Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Kamis.

"Kami juga menghubungi pihak Kedubes China, dan mereka menyatakan bahwa gambar tersebut terkirim secara tidak sengaja," katanya.

Malaysia mengerahkan pesawat terbang menuju lokasi setelah mengetahui satelit China mendeteksi objek terapung yang diduga puing pesawat Malaysia Airlines MH 370.

China juga tengah mengusut pengirim citra satelit tentang objek terapung di perairan sebelah timurlaut Kuala Lumpur tersebut.

Badan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri untuk Pertahanan Nasional China (SASTIND) mengatakan lewat laman resminya pada Rabu bahwa tiga objek itu dipantau pada koordinat 6,7 derajat Lintang Utara dan 105,63 derajat Bujur Timur dan menyebar di daerah dengan radius 20 kilometer.

Hishammuddin juga membantah laporan bahwa pesawat Malaysia Airlines MH370 masih terbang selama beberapa jam setelah dinyatakan hilang pada Sabtu (8/3) dini hari.

"Setelah kami konfirmasikan, laporan itu kami nyatakan tidak akurat. Transmisi terakhir adalah pada pukul 01.07 dan itu mengindikasikan semuanya dalam keadaan normal," katanya.

Ia menambahkan, tim Rolls-Royce dan Boeing berada di Kuala Lumpur sejak Minggu (9/3) dan mereka tidak pernah mengungkapkan masalah tersebut. "Sehingga kami nyatakan data itu tidak akurat."

Wakil Menteri Transportasi Malaysia Pham Quy Tieu mengatakan pesawat dan kapal-kapal Vietnam juga tidak menemukan serpihan-serpihan di perairan tempat satelit China mendeteksi tiga benda mengambang.

Pihak berwenang Vietnam juga mengirim dua pesawat dan dua kapal untuk terbang di atas perairan lepas pantai selatan Vietnam di mana satelit China memotret objek yang diduga benda mengambang, kata Pham, yang memimpin komando garis depan di Pulau Phu Quoc.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 dinyatakan hilang pada Sabtu (8/3) sekitar satu jam setelah lepas landas dari lapangan terbang antarabangsa KLIA pada pukul 00.41 dinihari.

Operasi pencarian yang melibatkan 12 negara belum berhasil menemukan tanda-tanda keberadaan pesawat yang membawa 227 penumpang dan 12 kru tersebut. Pencarian telah diperluas hingga 27 ribu mil laut di Selat Malaka dan Laut China Selatan.


Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Top