Jakarta (ANTARA News) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta menganggap deklarasi Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden PDI Perjuangan merupakan pelajaran penting yang disuguhkan Megawati Soekarnoputri.

"Saya mendengar di media bahwa hari ini mas Jokowi menyatakan siap menjadi calon presiden dan sudah dideklarasikan oleh PDI Perjuangan. Saya mengucapkan selamat atas deklarasi ini," kata Anis Matta melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Anis Matta mengatakan pencapresan itu pelajaran penting bagi semua partai, yakni terkait pentingnya kaderisasi dan kesempatan yang sama bagi semua kader yang berprestasi.

"Kami berterima kasih atas pembelajaran politik dan demokrasi yang sangat positif yang dicontohkan Ibu Megawati Soekarnoputri dan teman-teman keluarga besar PDI Perjuangan," ujar dia.

Anis Matta menyatakan PKS sebagai "pesaing" dalam kompetisi demokrasi yang sehat, berharap deklarasi Jokowi meningkatkan kualitas demokrasi pada pemilu 2014.

"Ini penting agar kualitas 'pertandingan' pemilu tahun ini tidak kalah dengan 'gawe' Piala Dunia oleh FIFA yang akan digelar di Brazil. Sekali lagi, selamat, mari kita bertanding secara fair dan bersih," ujar Anis Matta.(*)

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014