Pekanbaru (ANTARA News) - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu malam berangsur normal dengan jarak pandang pilot lebih dari 1.500 meter, setelah sepekan di bawah seribu meter akibat tercemar kabut asap.

"Malam ini ada satu pesawat Lion Air GT 392 terbang dari Jakarta menuju SSK II yang menurut jadwal akan tiba sekitar pukul 22.00 WIB," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Ibnu Hasan kepada Antara di Pekanbaru.

Ibnu menjelaskan, sebenarnya Bandara SSK II tidak pernah tutup meski kabut asap berdampak pada jarak pandang penerbangan.

"Semuanya diserahkan ke pihak maskapai masing-masing. Jika siap untuk landas silakan dan kami tidak memaksa. Kami hanya update informasi mengenai kondisi di SSK II," kata dia

Ibnu mengatakan, hanya ada satu maskapai yang masih menyisakan beberapa penerbangan tujuan Pekanbaru yakni Lion Air.

Maskapai Lion Air sebelumnya kata dia memang menyatakan sementara waktu untuk tidak melandaskan pesawatnya di Bandara SSK II.

"Namun tidak seluruhnya. Lion Air masih menyisakan beberapa pesawat untuk terbang ketika kabut asap Pekanbaru menipis dan jarak pandang di atas 1.500 meter," katanya.(*)

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014