Surabaya (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan sebagai ketua umum dirinya memberikan mandat kepada Joko Widodo atau Jokowi untuk menjadi calon presiden karena memiliki tenaga besar seperti banteng.

"Jokowi meskipun fisiknya kerempeng, tapi dia memiliki tenaga besar seperti banteng," kata Megawati ketika berorasi pada kampanye akbar perdana PDI Perjuangan di lapangan Gelora Pancasila, Surabaya, Senin.

Kampanye akbar PDI Perjuangan tersebut dihadiri juru kampanye dari DPP dan DPD PDI Perjuangan serta dimeriahkan ribuan orang dari Surabaya dan sekitarnya.

Megawati menegaskan, masyarakat berharap agar PDI Perjuangan mengusung Jokowi sebagai calon presiden menghadapi pemilu presiden 2014.

"Sekarang sudah saya memberikan apa yang diharapkan masyarakat. Saya sudah menetapkan Jokowi sebagai calon presiden," kata Megawati.

Presiden kelima Republik Indonesia itu kemudian bertanya, "Siapakah yang akan saudara-saudara pilih sebagai presiden?"

Massa serentak menjawab, "Jokowi!"

Megawati pun menegaskan sebanyak lima kali lagi, soal siapa yang akan dipilih sebagai presiden, dan masyarakat tetap menjawab dengan lantang "Jokowi!"

(R024)


Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014