Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso mengatakan akan menunggu hasil pemilu legislatif untuk menentukan menentukan calon presiden atau mendukung calon dari partai lain.

"Saat semua partai sudah mengetahui hasil perolehan suaranya, baru kita akan menentukan dukungan terhadap calon presiden tertentu," kata Sutiyoso dihadapan para pendukungnya pada kampanye terbuka di Jakarta Selatan, Senin.

Namun dalam jangka panjang, Sutiyoso berharap partainya dapat mencalonkan presiden dari kader sendiri agar dapat melaksanakan ide-ide perbaikan negara yang diusung partainya secara penuh.

Sementara itu soal pemilu secara keseluruhan, Sutiyoso menghimbau masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak bergabung dalam golongan putih.

"Golongan putih bukan merupakan solusi bagi persoalan negara ini. Saya berharap masyarakat Indonesia menggunakan hak politiknya, apapun partai yang menjadi pilihannya," kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Menurut Sutiyoso, seluruh partai di Indonesia berkomitmen sama untuk memajukan bangsa sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak menggunakan hak pilihnya.

Namun di sisi lain, Sutiyoso mengingatkan masyarakat Indonesia harus lebih cerdas dalam memilih wakilnya di badan legislatif negara yang bersih dari catatan korupsi dan pelanggaran hukum lainnya.

Sutiyoso juga berharap pemilu legislatif dan presiden pada tahun ini berjalan dengan damai tampa kerusuhan dan pertumpahan darah.

"Ini adalah perayaan pesta demokrasi, dan sifat dari pesta adalah suka cita bukan pertikaian. Mari kita sukseskan pemilu tahun ini bersama," kata dia.

Secara keseluruhan, kampanye terbuka PKPI yang dihadiri oleh massa berjumlah 200 orang itu berlangsung dengan damai. Sementara untuk mengamankan perhelatan itu, Kepolisian Sektor Mampang Prapatan Jakarta Selatan menurunkan personil sejumlah 380.

Pewarta: GM Nur Lintang Muhammad
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2014