Jakarta (ANTARA News) - Caleg Store adalah aplikasi yang "memajang" para calon legislatif dalam tampilan yang serupa dengan toko aplikasi seperti Play Store atau App Store.

Aplikasi karya anak bangsa itu dinobatkan sebagai juara ketiga kompetisi Hackaton API (Application Programming Interface) Pemilu dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Aplikasi yang saat ini baru tersedia untuk Android itu dibuat oleh tim Alexcier yang terdiri dari Andreas Wong, Jaya Satrio Hendrick, dan Randy Sugianto yang berdomisili di Singapura. 

Jaya, desainer, menjelaskan Caleg Store menampilkan data lengkap kandidat legislatif dalam tampilan menarik. Aplikasi ini otomatis mendeteksi lokasi pengguna sehingga kandidat yang ditampilkan sesuai dengan daerah pemilihan.

Caleg Store menyediakan informasi ringkas tentang caleg, yaitu data diri, keluarga, pendidikan, pekerjaan, organisasi dan komentar. 

"Keunggulan aplikasi ini adalah tampilannya yang menarik juga data yang diberikan ringkas," kata Jaya di Jakarta, Senin.

Pada fitur keluarga, misalnya, Caleg Store menampilkannya dalam simbol-simbol sehingga tampilan tidak membosankan. Aplikasi yang juga memilih warna yang ramah bagi penderita buta warna itu menyajikan rekam jejak para calon legislatif dengan model linimasa kronologis.

Pengguna juga dapat melihat data kandidat berdasarkan partai. Filter lainnya adalah membandingkan dua caleg dari partai yang sama agar pengguna dapat menganalisa profil caleg lebih akurat.

Seperti Play Store atau App Store, halaman utama Caleg Store menampilkan caleg yang paling populer atau memiliki rating tinggi. Para pengguna dapat memberi rating untuk tiap caleg juga memberi komentar sehingga antar pemilih dapat saling mengedukasi.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014