Hanoi (ANTARA News) - Perwakilan Angkatan Udara Rakyat Vietnam dan Angkatan Udara Pasifik Amerika Serikat (PACAF), Senin, di Hanoi, membahas cara-cara meningkatkan hubungan antara angkatan udara kedua negara selama kunjungan kerja yang terakhir ke Vietnam.

Bidang kerja sama tersebut antara lain meliputi bantuan kemanusiaan, pencarian dan penyelamatan, kedokteran militer, dan pelatihan pilot, menurut laporan e-Portal pemerintah Vietnam.

Kepala Staf Umum Tentara Rakyat Vietnam/Wakil Menteri Tentara Rakyat dan Pertahanan, Do Ba Ty, mengatakan pada pertemuan itu, pembentukan kemitraan komprehensif Vietnam-Amerika Serikat  meletakkan landasan kerja sama pertahanan bilateral kedua negara di tingkat tinggi baru.

Ty mendesak kedua angkatan udara lebih bertukar delegasi tingkat tinggi, dan meningkatkan hubungan di bidang informasi, pengalaman penyelamatan maritim, penelitian medis angkatan udara, pelatihan bahasa Inggris bagi tentara Vietnam, perbaikan pasca-perang, dan menemukan orang Amerika yang hilang dalam perang.

Komandan Angkatan Udara Pasifik Amerika Serikat, Jenderal Herbert Carlisle, mengatakan pada pertemuan itu, dalam waktu mendatang kedua pihak akan bertukar informasi lebih lanjut untuk kepentingan bersama.

PACAF akan bekerja erat dengan Angkatan Udara Vietnam untuk melatih petugas, memperkuat kerja sama kedokteran angkatan udara, penyelamatan bencana alam, penyelamatan penerbangan dan memastikan keselamatan penerbangan, kata Carlisle.

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2014