Yogyakarta (ANTARA News) - Kementerian Pekerjaan Umum dalam empat tahun terakhir tengah membangun sebanyak 28 waduk, yang 11 di antaranya diperkirakan selesai tahun ini.

"Waduk-waduk itu akan menambah tampungan air sebanyak 1.061,92 juta kubik. Hal itu merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan dukungan terhadap ketahanan air," kata Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu.

Dalam pidatonya saat menerima gelar Doctor Honoris Causa dari UGM, Djoko Kirmanto mengatakan dalam program penyediaan air minum dan sanitasi untuk rakyat, berbagai upaya telah dilakukan Kementerian PU dengan melibatkan masyarakat.

"Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang dilaksanakan sejak 2008 itu telah mencakup 6.855 desa. Program itu masih dilanjutkan hingga 2016 untuk 5.000 desa lagi," katanya.

Meksipun demikian, kata dia, pengelolaan sumber daya air tidak dapat dipisahkan dari upaya penataan ruang. Salah satu permasalahan adalah semakin berkurangnya ruang publik yang dapat dimanfaatkan masyarakat terutama yang berada di kawasan perkotaan.

Menurut dia, ruang terbuka hijau publik di seluruh kawasan perkotaan di Indonesia masih berkisar 11-12 persen, berada jauh di bawah standar yang ditetapkan UU Penataan Ruang minimal 20 persen.

"Kami sudah mendorong pemerintah kabupaten dan kota dalam pengembangan kota hijau dengan cara memberikan insentif kepada 112 pemerintah kabupaten dan kota," katanya.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014