Jakarta (ANTARA News) - Untuk pertama kalinya dalam 16 tahun terakhir Borrusia Dortmund lolos dua kali berturut-turut ke perempatfinal Liga Champions kendati Kamis pagi ini kalah 1-2 dari tamunya Zenit St Petersburg.

Terakhir Dortmund melakukannya pada musim 1996/97 dan musim 1997/98 ketika di bawah pelatih Ottmar Hitzfeld menggondol trofi turnamen ini.

Tim tamu menurunkan formasi menyerang dengan memasang Hulk, Danny dan Oleg Shatov untuk melapis Aleksandr Kerzhakov di depan.

Zenit yang menghadapi tugas berat membalikkan defisit besar 2-4, mendominasi babak pertama dan tampil lebih menekan sehingga menguasai 53 persen sirkulasi bola, namun Dortmund lebih efektif dengan menciptakan 7 peluang gol.

Meski begitu Zenit lebih efektif memanfaatkan peluang dengan mengonversi satu dari dua peluangnya pada babak ini dengan gol ketika pada menit 16 Hulk bermanuver melewati dua bek untuk melepaskan tendangan yang tak terbendung kiper Roman Weidenfeller guna membawa tim tamu 1-0.

Dortmund tersentak namun baru pada menit 38 menyamakan kedudukan ketika Sebastian Kehl menyeruak untuk menyambut umpan Marcel Schmelzer dengan sundulan maut yang tak bisa diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Vyacheslav Malafeev.

Kedudukan berubah 1-1 dan ini bertahan sampai babak pertama usai.

Pada babak kedua permainan menjadi lebih imbang dibandingkan 45 menit pertama dengan Dortmund tetap lebih produktif dalam mengkreasi peluang.

Pelatih sementara Zenit Sergei Semak memasukkan Luis Neto untuk menggantikan Lombaerts sejak awal babak ini, namun masuknya Jose Rondon yang menggantikan Kerzhakov-lah yang lebih menajamkan tusukan Zenit.

Sebelas menit sejak diturunkan Rondon membayar tuntas kepercayaan Sergei Semak dengan sebuah gol yang membawa timnya unggul kembali 2-1 pada menit 73.

Domenico Criscito menyalurkan umpan matang dari luar kotak penalti untuk disambut Jose Rondon yang sukses melepaskan kawalan bek Mats Hummels guna dituntaskannya dengan sundulan yang mengubah kedudukan menjadi  2-1.

Kendati Dortmund berbalik menjadi lebih ofensif demi setidaknya menyelamatkan keunggulan agregatnya dari lawannya, Zenit tak mengurangi tekanannya dan malah kian agresif pada menit-menit terakhir.

Namun kedudukan 2-1 tidak berubah sampai pertandingan leg kedua ini berakhir.  Kendati kalah, Dortmund tetap lolos ke perempatfinal turnamen ini karena unggul agregat 5-4.  

Susunan pemain:
Borussia Dortmund
: Roman Weidenfeller, Mats Hummels, Sokratis Papastathopoulos, Lukasz Piszczek, Marcel Schmelzer (Erik Durm), Sebastian Kehl, Henrik Mkhitaryan (Milos Jojic), Pierre-Emerick Aubameyang (Jonas Hofmann), Nuri Sahin, Kevin Großkreutz, Robert Lewandowski

Zenit St Petersburg: Vyacheslav Malafeev, Domenico Criscito, Nicolas Lombaerts (Neto), Tomas Hubocan, Alexander Anyukov, Hulk, Danny, Oleg Shatov, Viktor Faizulin (Igor Smolnikov), Axel Witsel, Alexander Kerzhakov (Jose Rondon)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014