Yogyakarta (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong calon anggota legislatif perempuan untuk terus berkiprah dalam setiap penugasan di masyarakat hingga nanti menjadi legislator.

Wakil Ketua II Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demkrat (PD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Putut Wiryawan di Yogyakarta, Kamis, mengatakan dalam pandangan partainya, kepentingan pemberdayaan caleg perempuan bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab legislator perempuan, tetapi juga tugas legislator laki-laki.

"Partai Demokrat juga meningkatkan pemahaman kesetaraan gender bagi caleg perempuan maupun caleg laki-laki," kata Putut Wiryawan yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi D DPRD DIY.

Menurut dia, dalam menyiapkan kader caleg perempuan, pihaknya menampilkan caleg terbaik yang dimiliki partai, sehingga diharapkan nanti jika terpilih sebagai legislator, akan tetap berkualitas.

"Sekalipun demikian, kami terus berupaya meningkatkan kualitas mereka hingga menjadi legislator, baik di tingkat pusat, provinsi maupun kota/kabupaten," katanya.

Ditanya tentang kuota 30 persen keterwakilan caleg perempuan di legislatif pada Pemilu 2014, ia mengatakan kuota sebesar itu telah terpenuhi untuk DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten serta kota di DIY.

"Kader perempuan berkualitas Partai Demokrat di tingkat DPD DIY maupun di masing-masing DPC kabupaten dan kota se DIY cukup banyak untuk memenuhi kuota keterwakilan perempuan di legislatif," katanya.

Mengenai kampanye para calon anggota legislatif (caleg) kader PD DIY, ia mengatakan sejak diumumkan dafar calon tetap (DCT) untuk Pemilu 2014, para caleg perempuan maupun laki-laki dari partai ini telah melakukan kampanye secara mandiri.

"Kami melakukan kampanye secara mandiri, cerdas dan santun, guna menarik simpati masyarakat di daerah ini. Dengan demkian, kami tetap optimistis target perolehan kursi di DPRD tercapai," katanya.(*)

Pewarta: Heru Jarot
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014