Jakarta (ANTARA News) - Kulit kita hidup dengan bakteri yang tak dapat kita lihat dan rasakan. Dalam keadaan kotor, kulit mengandung banyak sel-sel mati dan mikroba yang dapat menyebabkan infeksi, karenanya penting menjaga kebersihannya.

Berikut tips untuk menjaga kulit tetap higienis menurut ahli perawatan kulit terkemuka di London, Malvina Fraser, seperti dilansir Female First.

1. Bersihkan permukaan ponsel sebelum digunakan.

Permukaan ponsel dapat mengandung bakteri dan kuman dengan jumlah tak terhitung. Tangan yang kotor dapat menjadi media pengangkut bakteri dan kuman ke ponsel kita.  Karenanya, bersihkan permukaan ponsel dengan tisu anti bakteri setiap beberapa jam sekali sebelum menggunakannya.

2. Bersihkan kuas make up seminggu sekali.  

Alat yang menjadi favorit digunakan dalam make up ini kerap dipenuhi minyak, kotoran, sel-sel mati. Mencuci alat ini dengan sampo bayi akan membuat perbedaan nyata pada kulit Anda.

Jangan lupa rendam kuas dalam air hangat untuk membunuh kuman. Setelah itu biarkan kuas kering secara alami.

3. Bersihkan kulit pada malam hari sebanyak dua kali.

Inilah tips utama Malvina Fraser. Pembersihan kulit pertama untuk menghilangkan bakteri. Sementara pembersihan yang kedua untuk benar-benar membersihkan kulit.

4. Pengelupasan kulit.

Pengelupasan sangat penting untuk menghapus sel-sel kulit yang mati.  Saat kulit dikelupas, maka sel baru di bawahnya akan muncul dan ini membuat kulit sehat bercahaya.

5. Cobalah campur Lavender dan gula untuk membuat exfoliator yang dapat digunakan untuk mencuci tangan anti bakteri.

Penerjemah:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2014