Muntok (ANTARA News) - Stasiun radio di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menyediakan waktu khusus selama tahapan kampanye pada Pemilu 2014 untuk sosialisasi calon anggota legislatif (caleg) perempuan di daerah itu.

"Kami sediakan waktu khusus untuk para caleg perempuan, hal ini merupakan salah satu komitmen kami dalam upaya meningkatkan keterwakilan perempuan, khususnya di kursi DPRD kabupaten," ujar Direktur Utama PT Radio Duta Media, Karmanto di Muntok, Sabtu.

Menurutnya, penyediaan waktu khusus untuk siaran langsung berupa wawancara dengan caleg perempuan juga sebagai upaya mendongkrak keterwakilan perempuan di legislatif yang saat ini dinilai masih minim, yaitu dua orang dari 25 orang anggota legislatif di tingkat kabupaten.

"Kami sediakan waktu khusus dengan jam-jam yang bisa disesuaikan dengan caleg bersangkutan, siaran ini bisa dijangkau pendengar di radius sekitar 30 kilometer," kata dia.

Ia menjelaskan, sosialisasi melalui radio dinilai cukup potensial untuk mendongkrak perolehan suara karena sosialisasi tatap muka langsung yang dilakukan para caleg dan parpol dengan masyarakat memiliki keterbatasan.

"Sosialisasi program melalui radio cukup mampu mendongkrak perolehan suara, itu terbukti saat pemilihan kepala daerah beberapa waktu lalu," katanya.

Selain itu sosialisasi melalui media penyiaran itu juga bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Untuk sosialisasi caleg laki-laki, kata dia, saat ini pihaknya belum memberikan kesempatan karena padatnya jadwal siaran stasiun radio yang membidik pasar untuk memenuhi selera anak muda tersebut.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014