Surakarta (ANTARA News) - Partai Golkar bertekad ingin membawa kembali Indonesia swasembada pangan dengan tidak lagi bergantung kepada makanan impor untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

"Kita dulu pernah berjaya swasembada pangan pada zaman Orba dan Golkar bertekad ingin mengembalikan kejayaan itu jika memenangkan Pemilu tahun ini," kata Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau ARB saat kampanye terbuka di Surakarta, Jawa Tengah, Selasa.

Hadir dalam kampanye itu sejumlah Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung, juga jajaran partai seperti MS Hidayat, Subiakto Tjakrawerdaja, dan serta Luhut B Panjaitan.

Menurut ARB, Indonesia pada zaman Orba yang dipimpin Partai Golkar mampu membawa menjadi swasembada pangan, yakni kebutuhan pangan mampu dipenuhi dari dalam negeri.

Saat itu, katanya, pemerintah sangat memperhatikan petani sehingga giat menanam tanaman karena mendapat insentif dari pemerintah.

"Petani itu pahlawan karena memberikan kebutuhan pangan kepada masyarakat sehingga harus diperhatikan nasibnya," katanya.

Selain petani, katanya, nelayan juga harus mendapat perhatian karena memasok kebutuhan ikan kepada masyarakat.

"Saat ini nelayan terus alami kesulitan seperti untuk mendapatkan solar serta kredit masih kesulitan dan Golkar akan memperbaiki nasib mereka," kata ARB.

Dia mengklaim bahwa selama 32 tahun di saat Partai Golkar berkuasa, kebutuhan masyarakat mudah di dapat dengan harga terjangkau sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tetap memilih partai nomor 5.


Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014