Tim nasional pecahan Yugoslavia ini melalui kampanye yang luar biasa, memenangkan delapan dari sepuluh pertandingan, dan hanya kalah sekali. Serangan kejam dan barisan belakang yang tangguh merupakan pilar keberhasilannya, dengan 30 gol mewakili tertinggi keempat dalam kualifikasi zona Eropa.

Dengan selisih gol penting, Bosnia merayap mengungguli pesaingnya, Yunani, yang mengantongi poin sama, untuk mengamankan langkahnya ke Brasil 2014 sebagai penampilan pertamanya di ajang Piala Dunia.

Setelah memulai dengan serangkaian kemenangan dikombinasikan dengan hasil imbang tanpa gol di Yunani, kampanye tim asuhan Safet Susic awalnya berjalan sesuai rencana.

Namun, kekalahan 0-1 di kandang Slovakia pada September 2013 menjadi satu pukulan, sebelum mereka mengalahkan Yunani di puncak grup pada hari laga terakhir.

Pemain kunci


Bosnia mempunyai pemain inti berbakat yang mampu mengubah permainan dalam sekejap, mulai dari talenta-talenta seperti Edin Dzeko dan Vedad Ibisevic di depan.

Juga gelandang Miralem Pjanic dan Zvjezdan Misimovic, serta pertahanan seperti baru dari Emir Spahic dan kiper Asmir Begovic. Mayoritas skuadnya yang sering mempertontonkan talenta mereka di liga-liga besar Eropa, memberinya pengalaman penting untuk bersinar di panggung lebih besar.

Pelatih: Safet Susic

Peringkat FIFA: 21


Penampilan terbaik kompetisi FIFA: belum ada

Mantan bintang:
Vahid Halilhodic, Hasan Salihamidzic, Safet Susic.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014