Pesta olahraga nasional ini satu kebanggaan bagi Sumut. Saya ajak semua pihak untuk turut menyukseskan PON yang ada di Sumut ini
Medan (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengajak para Konsul Jenderal (Konjen) dan Konsul Kehormatan negara sahabat untuk turut menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 khususnya di wilayah ini.

“Sumut jadi tuan rumah PON 2024. Pesta olahraga nasional ini satu kebanggaan bagi Sumut. Saya ajak semua pihak untuk turut menyukseskan PON yang ada di Sumut ini," ujar Agus Fatoni usai malam resepsi kenegaraan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, di Medan, Minggu.

Fatoni mengatakan sebagai tuan rumah pada ajang olahraga nasional tersebut merupakan momentum bagi pemerintah daerah (pemda) untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Selain itu, kata dia, pelaksanaan PON 2024 itu juga dapat lebih memperkenalkan Sumatera Utara ke kancah nasional, mengingat ajang olahraga multi-cabang itu dihadiri ribuan orang.

Baca juga: Pemprov Sumut lakukan kurasi 300 UMKM untuk berpartisipasi di PON 2024

Untuk itu, kata dia, seluruh elemen masyarakat, termasuk negara sahabat di wilayah ini, harus bergandeng tangan agar kesuksesan PON 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman.

"Dengan adanya pelaksanaan PON akan berdampak bagi pelaku UMKM dan pelaku bisnis lainnya. Di antaranya naiknya pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumut karena akan hadir tamu-tamu dari 38 provinsi se-Indonesia berjumlah lebih dari 15 ribu atlet, pelatih, dan ofisial, serta yang lainnya," kata dia

Dalam kesempatan itu Agus Fatoni mengajak para Konsul Jenderal dan Konsul Kehormatan negara sahabat turut mendukung pembangunan di Sumut.

"Malam ini sama-sama kita mensyukuri nikmat ini, mengisi pembangunan Sumut dengan menghimpun segala kekuatan, kita satukan potensi, kita semua bersatu padu, kita mampu ciptakan iklim harmoni, dengan tambahan kekuatan negara sahabat ini, jadi kekuatan kita luar biasa," sebutnya.

Menurutnya, pembangunan di Sumut ini harus digencarkan mengingat Ibu Kota Provinsi, Kota Medan,  memiliki potensi yang besar dan dapat diperhitungkan secara nasional.

Baca juga: Pemprov Sumut dan Jepang jajaki kerja sama pengolahan sampah

“Sumut dengan aneka suku yang hidup berdampingan secara damai dan harmonis ini merupakan potensi yang dimiliki Sumut," sebut dia.

Konsul Jenderal Jepang Takonai Susumu mewakili konjen negara sahabat mengapresiasi Pemprov Sumut yang selama ini telah menjalin kerja sama baik dengan negara-negara sahabat.

Dia berharap hubungan baik yang selama ini sudah terawat sejak lama tersebut dapat terus dijaga dan ditingkatkan.

“Kami perwakilan asing di Medan berharap agar terus mengembangkan dukungan baik dan akrab atas dasar saling percaya. Kami yakin bahwa Indonesia akan terus maju," ujar Takonai Susumu.

Baca juga: Konjen Jepang-Unja jalin kerja sama penelitian dan pendidikan

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024