Kami ingin memastikan pembangunan infrastruktur kelistrikan telah berjalan baik...
Medan (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) menyatakan terus berkomitmen untuk menyediakan pasokan listrik yang andal dan stabil serta memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan PON XXI segera rampung.

General Manager PLN UID Sumut Saleh Siswanto, di Medan, Senin, mengatakan pihaknya sudah beberapa kali meninjau kesiapan infrastruktur kelistrikan di beberapa titik pemasok daya yang ada di daerah itu.

Seperti PLN UPDK Belawan, PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban Sumatera Bagian Utara (UP2B Sumbagut), Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Sumatera Utara (UP2D SU).

"Kami ingin memastikan pembangunan infrastruktur kelistrikan telah berjalan baik, sekaligus berkoordinasi dengan stakeholder terkait agar PON XXI Aceh-Sumut 2024 berjalan dengan sukses," katanya pula.

PLN Sumut juga telah menyiapkan skema pengamanan berlapis dan mempersiapkan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebanyak 34 unit, Unit Gardu Bergerak (UGB) sebanyak 17 unit dan Genset sebanyak 33 unit.

Tidak hanya itu, PLN juga akan menyiagakan personil gabungan sebanyak 546 petugas yang akan siap siaga menjaga pasokan listrik PON XXI Aceh-Sumut 2024.

"Sebelum gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024 dimulai, kami juga akan melakukan uji coba sistem pengamanan kelistrikan di berbagai venue," kata Saleh.

Ia juga menjelaskan kondisi kelistrikan Sumut saat ini dalam kondisi normal/aman. Dengan Daya Mampu Pasok (DMP) sebesar 2.300 megawatt (MW), proyeksi beban puncak sebesar 2.165 MW dan cadangan daya sebesar 454 MW.

PON XXI 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumut pada 8-20 September 2024.

Pelaksanaan di Sumut melibatkan sekitar 6.281 orang, dengan dukungan dari 3.140 orang ofisial sementara di Aceh akan ada 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.

Pesta olahraga multicabang nasional ke-21 itu nantinya akan dibuka secara resmi di Aceh dan ditutup di Sumut.
Baca juga: Bank Sumut menggelontorkan Rp2 miliar untuk PON 2024
Baca juga: KONI optimistis ice skating mampu lahirkan atlet ke kompetisi dunia

Pewarta: Juraidi dan Dina Purnama
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024