London (ANTARA News) - PDI Perjuangan memimpin pengumpulan suara dengan meraih 285 suara dari 967 surat suara yang masuk melalui TPSLN London dari 956 surat suara sah sementara PKS serta Partai Gerinda menyusul di posisi kedua dengan meraih masing-masing 82 suara.

Kegiatan penghitungan suara disaksikan Dubes T.M. Hamzah Thayeb dan Lastry Thayeb beserta jajaran staf KBRI London dan saksi dari Partai Keadilan Sejahtera serta Panwaslu London dan perwakilan masyarakat Indonesia di London dan sekitarnya, demikian Sekretaris pertama KBRI London, Heni Hamidah di  London, Minggu.

Ia menjelaskan perhitungan suara yang dilakukan di Ruang Serbaguna KBRI London mulai pukul 10.00 waktu setempat PPLN dan KPPSLN London melakukan tahapan penghitungan surat suara hasil pemungutan suara di TPSLN London pada tanggal 5 April lalu.

Dikatakannya dari 967 surat suara yang masuk melalui TPSLN London terdapat 11 surat suara tidak sah, dan dari 956 surat suara sah untuk sementara PDI Perjuangan memimpin dengan mengumpulkan suara tertinggi dan meraih 285 suara dan PKS serta Partai Gerinda menyusul di posisi kedua dengan meraih masing-masing 82 suara.

Perolehan suara masing masing partai adalah Partai Nasional Demokrat sebanyak 14, Partai Kebangkitan Bangsa 27 suara, dan Partai Keadilan Sejahtera 82 suara.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebanyak 285, Partai Golongan Karya 48, Partai Gerakan Indonesia Raya 82 suara , Partai Demokrat 37 suara, Partai Amanat Nasional sebanyak 61, Partai Persatuan Pembangunan sebanyak 22, Partai Hati Nurani Rakyat 10 suara, Partai Bulan Bintang 12 suara, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia enam suara.

Menurut Heni Hamida, pemilih di Inggris Raya dan Irlandia lebih banyak menyalurkan suaranya melalui pos. Penghitungan surat suara yang masuk melalui pos akan dilakukan Selasa tanggal 15 April di KBRI London. 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2014