Medan (ANTARA) - Senam artistik menjadi cabang olahraga pertama yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di wilayah Sumatera Utara.

Pembukaan cabang olahraga yang digelar di Gedung Serba Guna Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara ini dibuka langsung oleh Ketua Harian PB PON Sumut Bahharudiin Siagian, di Medan, Rabu.

Dalam sambutannya, Baharrudin Siagian mengajak seluruh peserta untuk tampil maksimal serta menjunjung sportifitas selama pertandingan.

Menurutnya, pertandingan pertama pada PON 2024 menjadi ini menjadi semangat dalam menyukseskan ajang olahraga nasional tersebut. "Prestasi penting, tapi tentunya kita menjunjung sportivitas dalam pertandingan," ujar Bahharudin.

Dengan sportivitas, kata dia, cabang olahraga yang akan dipertandingkan dapat berjalan dengan baik sehingga ajang olahraga nasional tersebut sukses dilaksanakan.

"Selamat bertanding. Mari berjuang untuk membanggakan daerah masing masing," ujar Bahharudin.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati mengatakan PON 2024 merupakan momentum bagi para atlet untuk menunjukkan prestasi sehingga dapat tampi ajang yang lebih tinggi.

"PON kali ini akan menyeleksi seluruh atlet yang akan kami ajukan Ke Kemenpora yang akan dilatih jangka panjang dan jangka pendek," ujar Ita

Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan cabang olahraga senam artistik diikuti 36 atlet dari 16 provinsi yang terdiri dari kategori putra-putri.

Cabang olahraga senam artistik akan memperebutkan 14 medali dari 10 nomor pertandingan yang berlangsung mulai tangga 28 Agustus hingga 1 September.

Baca juga: Ratusan atlet dari 18 provinsi ramaikan kejurnas senam Pra-PON 2024
Baca juga: Menpora tetapkan pembukaan PON Aceh-Sumut pada 9 September 2024
Baca juga: KONI: PON XXI Aceh-Sumut 2024 dibuka dan ditutup Presiden Jokowi

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024