Banda Aceh (ANTARA) - Pelatih Kalimantan Selatan (Kalsel) Yunan Helmi mengakui timnya beruntung dapat lolos ke babak semifinal cabang sepak bola putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut setelah mengalahkan Papua Pegunungan melalui adu penalti dengan skor 5-4 di babak 8 di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Jumat malam.

"Pastinya kami bersyukur sekali dengan hasil ini karena kedua tim berusaha menjadi yang terbaik hingga menit akhir pertandingan," kata pelatih kepala Kalimantan Selatan Yunan Helmi di Banda Aceh, Jumat.

Ia mengatakan kedua tim sama kuat baik Kalimantan Selatan maupun Papua Pegunungan mampu bertahan dan bermain imbang hingga akhir laga.

Setelah imbang dengan skor 1-1 dalam waktu 90 menit dan dilanjutkan perpanjangan waktu 2x15 menit kedua tim sama kuat sehingga pemenang harus dicari melalui adu penalti.

"Hasil ini realistis dan kami memang beruntung. Keberuntungan juga didapatkan tim yang terus bekerja keras sepanjang laga," kata dia

Ia mengakui kualitas anak-anak Papua Pegunungan yang merepotkan tim Kalimantan Selatan bahkan dirinya harus mengubah strategi dalam pertandingan.

"Tadi di babak kedua saya terpaksa mengubah strategi dari 4-3-3 menjadi 3-5-2 hingga menjadi 3-4-3. Kami sama berusaha menjadi yang terbaik," kata dia

Kalimantan Selatan saat ini sudah memastikan satu tempat di babak semifinal dan menunggu lawan mereka dari hasil pertandingan babak 8 besar lainnya.

"Kami menunggu lawan selanjutnya dan akan mempersiapkan tim lebih baik lagi," kata dia.

Sebelumnya Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan tempat di babak semifinal usai mengalahkan Papua Pegunungan 5-4 setelah mereka bermain imbang 1-1 dalam waktu 90 menit di babak 8 besar cabang olahraga sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh Sumut 2024 di Stadion H Dimurthala, Jumat malam.

Seluruh pemain Kalsel berhasil memasukkan bola dalam lima kesempatan pertama, sementara penendang terakhir Papua Pegunungan menendang terlalu pelan sehingga gagal mencetak gol dari titik putih.

Hasil ini membawa Kalsel lolos ke babak semifinal POn Aceh Sumut.

Pertandingan yang dihadiri ratusan penonton di Stadion H Dimurthala Banda Aceh Jumat harus berakhir imbang 1-1 di waktu penuh 90 menit. Kalimantan Selatan berhasil unggul lebih dulu di menit ke-15 melalui M Said dan gol tersebut dibalas tim Papua Pegunungan melalui M Bahari di menit ke-59.

Namun pertandingan dilanjutkan dengan tambahan waktu dan diakhiri dengan adu penalti.

Baca juga: Jadwal perempat final cabang sepak bola putra PON XXI Aceh-Sumut

Baca juga: Sepak bola - Sulteng sudah pelajari permainan Aceh jelang 8 Besar

Baca juga: Sepak bola - Sumut ditahan Sulteng 0-0 dalam laga terakhir Grup B

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024